Dampak Positif Dan Negatif Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen

Dampak Positif Dan Negatif Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen


Kegiatan pembentukan muka bumi baik yang berasal dan tenaga endogen maupun dan tenaga eksogen, memberi dampak positif dan negatif bagi makhluk hidup yang tinggal di atas permukaan bumi, khususnya manusia. Tidak selalu kegiatan pembentukan muka bumi memiliki dampak negatif namun ada dampak positifnya, di antaranya berikut ini.

Dampak Positif

Kegiatan pembentukan muka bumi karena adanya tenaga endogen memiliki dampak positif seperti berikut ini.
  1. Sebuah gunung yang meletus akan mengeluarkan magma yang menjadi lava. Lava ini bila membeku selama beberapa tahun akan menjadi lahan pertanian yang subur.
  2. Gejala diastropisme seperti patahan bisa menghasilkan bentuk muka bumi yang indah dan menjadi objek wisata, contohnya Ngarai Sianok di Sumatra Barat.
  3. Magma yang dikeluarkan gunung berapi yang membeku akan berubah menjadi batuan.
Dari batuan ini bisa ditemukan batu-batu yang bernilai jual tinggi, seperti emas, perak, intan, dan lain-lain.
Kegiatan pembentukan muka Bumi karena tenaga eksogen, dampak positifnya seperti berikut ini.


  • Aktivitas pelapukan bisa menghasilkan bentuk muka Bumi yang unik yang bisa menjadi objek wisata, contohnya Anyer’s Rock di Australia dan Grand Canyon di Amerika Serikat.
  • Proses sedimentasi bisa menghasilkan daratan barn yang subur.

Dampak Negatif

Muka Bumi yang terbentuk oleh tenaga endogen memiliki dampak negatif yaitu berikut
  1. Gunung yang meletus akan mengeluarkan lava dan menyemburkan awan panas dan debu. Kedua bahan mi akan merusak apa saja yang dilaluinya seperti rusaknya hutan, lahan pertanian, dan pemukiman penduduk.
  2. Gempa Bumi mengakibatkan rusaknya bangunan-bangunan. Bila sumber gempa ada di lautan bisa menyebabkan terjadinya tsunami yang sangat meiusak di pantai.
  3. Gempa Bumi yang terjadi di pergunungan yang ditutupi salju bisa menyebabkan terjadinya 4 longoran saiju yang sangat merusak.
Dampak negatif dan kegiatan pembentukan muka Bumi oleh tenaga eksogen di antaranya
berikut ini.
  • Erosi yang terjadi besar-besaran bisa menyebabkan hilangnya kesuburan tanah terutama di lapisan tanah paling atas.
  • Di pantai, kegiatan erosi oleh ombak menyebabkan pantai lama kelamaan terabrasi sehingga sangat mungkin pantai bisa menghilang.

Upaya Penanggulangan

Kegiatan pembentukan muka Bumi oleh tenaga endogen dan tenaga eksogen bias diminimalisasi akibat yang ditimbulkannya. Upaya tersebut di antaranya berikut ini.
  1. Untuk meminimalisir akibat gempa, belakangan mi bangunan-bangunan dirancang agar tahan gempa.
  2. Untuk mengurangi abrasi pantai, di beberapa pantai yang abrasinya besar dibangun tanggul-tanggul pemecah ombak.
  3. Di beberapa gunung berapi yang masih aktif dibangun stasiun pengamat gunung api yang berfungsi untuk memberi pengumuman bahaya jika ada aktivitas yang dinilai membahayakan.
  4. Erosi dapat ditangani dengan kegiatan penanaman kembali (reboisasi) hutan yang gundul yang bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah dan kelestarian ekosistem.
Sumber Pustaka: Yudhistira