Definisi Pterydophyta (Tumbuhan Paku)

Definisi Pterydophyta (Tumbuhan Paku)


Divisio tumbuhan paku-pakuan meliputi sekitar 50 genus dan diperkirakan terdapat sekitar 6.000 sampai 15.000 spesies. Tumbuhan paku-pakuan dapat ditemukan di seluruh dunia. Pada umurnnya, pakup akuan tumbuh di tempat basah, tempat-tempat yang rindang, meskipun spesies tertentu ada yang tumbuh di tempat kering, di atas tanah atau bebatuan. 

Sebagian jenis tumbuhan paku-pakuan hanya dapat tumbuh di tempat berbatu-batu, di celah sempit di permukaan batu karang, atau batu besar. Sebagian lagi turnbuh sebagai epifit atau tumbuh menggantung di pohon. Sisa-sisa fosil tumbuhan paku telah ditemukan pada bebatuan dan periode Devonian Awal (zaman ke-4 Paleozoic). Dengan demikian, tumbuhan paku-pakuan telah muncul di permukaan bumi lebih dulu daripada semua tumbuhan berbiji.



Ukuran tumbuhan paku-pakuan bermacam-macam, ada yang tingginya hanya beberapa sentimeter sampai dengan paku pohon di daerah tropis yang tingginya dapat mencapai 24 meter. Paku pohon mempunyai batang berkayu tak bercabang dan di puncaknya terdapat kumpulan daun seperti bulu atau daun besar yang terbagi-bagi menjadi bagian lebih kecil tempat daun menempel. 

Pada umumnya. Tumbuhan paku tidak mempunyai batang dan daun besar langsung tumbuh dan bongkol pendek di bawah tanah. Tumbuhan paku mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Tidak seperti tumbuhan lumut, tumbuhan paku mempunyaijaringan pembuluh, yaitu xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dan akar menuju daun. Floem berfungsi untuk mengangkut basil fotosintesis dan daun ke seluruh bagian tumbuhan.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact