Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia

Makhluk hidup yang ada di permukaan bumi terdiri atas tumbuhan (flora), hewan (fauna), dan manusia. Berbagai jenis flora dan fauna hidup di lingkungan darat dan air. Tempat atau bagian dan permukaan bumi yang mampu mendukung kelangsungan hidup dan makhluk hidup tersebut disebut biosfer. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya jenis flora dan fauna:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Keberlangsungan hidup flora dan fauna ditentukan oleh faktor-faktor berikut ini.

Faktor Iklim

Unsur iklim yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan adalah temperatur udara, kelembaban udara, angin, dan curah hujan.


  • Temperatur Udara
Temperatur udara berpengaruh terhadap kehidupan tumbuhan dan hewan. Spesies tumbuhan dan hewan hanya dapat hidup pada temperature udara yang sesuai dengan fisik dan lingkungannya.
  • Kelembapan Udara dan Curah Hujan
Tumbuhan berdasarkan tingkat kelembaban dan keadaan air yang dibutuhkan dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu kelompok Hydrophyta atau tumbuhan yang tahan terhadap lingkungan kering, kelompok Mesophyta atau tumbuhan yang cocok hidup pada udara lembab, kelompok Hydrophyta atau tumbuhan yang cocok hidup dalam lingkungan basah, dan kelompok Tropophyta atau jenis tumbuhan yang beradaptasi dengan perubahan musim hujan dan kemarau.
  • Angin
Angin merupakan media penyerbukan dan berpengaruh pada biji tumbuhan. Dengan bantuan angin banyak jenis tumbuhan yang dapat berkembang biak dan meneruskan keturunannya.

Faktor Tanah

Keadaan tanah di suatu tempat sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Tanah humus dan tanah vulkanis sangat baik untuk pertumbuhan tanaman karena memiliki banyak unsur hara.

Faktor Bentang Alam atau Felief Tanah

Relief tanah adalah tinggi rendahnya permukaan bumi diukur dan permukaan air laut. Ketinggian suatu tempat mempengaruhi temperatur dan tekanan udara sehingga mempengaruhi persebaran tumbuhan yang ada di tempat tërsebut.

Faktor Manusia

Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat mengubah lingkungan alam sesuai keinginannya. Manusia dapat membudidayakan flora dan fauna jauh dan habitat aslinya. Kini, jenis tanaman tropis yang tidak bisa ditanam di daerah beriklim sedang seperti di Jepang melalui teknologi hidroponik menjadi dapat berkembang di sana.
Sumber Pustaka: Yudhistira