Filsafat Dan Kepercayaan Pada Peradaban Yunani Kuno (Sparta Dan Athena)

Filsafat Dan Kepercayaan Pada Peradaban Yunani Kuno (Sparta Dan Athena)


Hasil pemikiran dan karya-karya filsafat bangsa Yunani telah diterjemahkan dan dipelajari hingga kini. Para filsuf Yunani dianggap sebagai konseptor yang meletakkan dasar-dasar alam pikiran filsafat Eropa (Dunia Barat).

Filsafat bangsa Yunani banyak diterjemahkan dan ditafsirkan oleh para filsuf Islam dan melalui kesusasteraan Islam inilah buah pikiran filsafat Yunani masuk ke Persia dan negeri-negeri Asia lainnya.

Ciri ifisafat Yunani
  1. Metode berpikir logis/rasional dan sistematis.
  2. Cara penyelidikan terhadap suatu peristiwa dan gejala-gejala alam sampai pada masalah yang sekecil-kecilnya. Filsafat mi memberikan hasil yang nyata dalam lapangan ilmu alam dan ilmu sosial.



Filsuf Yunani
  1. Socrates, dengan ajarannya tentang ilmu kebijakan (filsafat etika) atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya,
  2. Plato, dengan ajarannya mengenai ilmu ketatanegaraan dan undang-undang,
  3. Aristoteles, dengan ajarannya dalam bidang biologi dan filsafat sehingga ia sering disebut sebagai ahli biologi dan filsafat, dan
  4. Hipokrates, dengan ajarannya menyangkut kode etik seorang dokter (sumpah seorang dokter).

Kepercayaan

Bangsa Yunani percaya kepada adanya dewa-dewi yang bertubuh seperti manusia, tetapi lebih indah, Iebih besar, dan tak dapat mati. Para dewa-dewi mempunyai sifat-sifat seperti manusia biasa, seperti sifat-sifat yang balk maupun yang buruk. Dewa-dewi mi pun berkeluarga dan mempunyai keturunan. Mereka sahing berperang dan bersaing untuk memperebutkan pengaruh dan kekuasaan. Di samping itu, terdapat juga para hero atau tokoh-tokoh setengah dewa, yang meskipun sakti namun dapat mati. Hero yang terkenal adalah Achilles dan Herakles (Hercules).

Menurut kepercayaan bangsa Yunani, dewa-dewi itu tinggal di Bukit Olymphus di bawah pimpinan Dewa Zeus, dewa tertinggi.

Dewa-dewi Yunani
  1. Dewa Ares, yaitu dewa perang.
  2. Dewi Artemis, yaitu dewi perburuan.
  3. Dewa Hermes, yaitu dewa perniagaan.
  4. Dewa Poseidon, yaitu dewa laut.
  5. Dewa Apollo, yaitu dewa kesenian dan matahari.
  6. Dewi Pallas Athena, yaitu dewa keselamatan.
  7. Dewi Aphrodite, yaitu dewi kecantikan.
Sumber Pustaka: Erlangga