Gejala Dan Prinsip Geografi Beserta Unsur Pokoknya

Gejala Dan Prinsip Geografi Beserta Unsur Pokoknya


Di muka burni ini terdapat heberapa gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia. Timbulnya gejala-gejala alam mi tidak dapat diminta dan tidak dapat ditolak oleh manusia. Corak kehidupan manusia sedikit banyak dipengaruhi gejala alam tersebut. Dapat dikatakan bahwa fenomena alam atau gejala alam mendukung dan sekaligus membatasi aktivitas manusia.

Pada batas-batas tertentu, manusia harus menyesuaikan din dengan alam. Beberapa gejala alarn yang mempengaruhi kehidupan manusia antara lain iklim, gempa bumi, vulkanisme, dan bentuk medan atau bentuk permukaan bumi. Masing-masing gejala alam itu mempunyai pengaruh yang berbeda-beda terhadap kehidupan manusia.



Prinsip-prinsip Geografi dan Unsur Pokok Geografi

Apabila diamati dan dianalisis gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari, maka ahli geografi harus selalu berpegang pada empat prinsip herikut.
  1. Prinsip perseharaiz, yaitu suatu gejala yang tersebar tidak merata di permukaan humi yang meliputi bentang alarn, tumbuhan, hewan, dan manusia.
  2. Prinsip interrelasi, yaitu suatu huhungan saling terkait dalam ruang, antara gejala yang satu dengan yang lain.
  3. Prinsip deskripsi, yaitu penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki/dipelajari. Deskripsi, selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, dapat juga dilengkapi dengan diagram, grafik, tabel, gambar, dan peta
  4. Prinsip korologi, yaitu gejala, fakta ataupun masalah geografi di suatu tempat yang ditinjau seharannya, interrelasi nya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang tertentu, sebab ruang itu akan memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala tersebut.
Dalam geografi terdapat dua unsur pokok, yaitu keadaan alam dan keadaan manusia.
  • Keadaan niani (realm of nature)
Keadaan alam tidak dinamis dan tidak mengalami perubahan secara ce.pat bila dibandingkan dengan keadaan manusia. Keadaan alam meliputi lingkungan a1m dan bentang alam. Pada lingkungan alam tercakup nsur-unsur:
  1. Kekuatan, seperti rotasi bumi, revolusi bumi, gravitasi, dan peruhahan cuaca.
  2. Proses-proses, seperti proses erosi, sedirnentasi, sirkulasi air, dan gejala-gejala vulkanisme.
  3. Unsur-unsur fisik, topologi, dan biotik. Unsur fisik meliputi iklim. air dan tanah. Unsur topologi meliputi luas, letak, dan bentuk. Unsur biotikmeliputi flora, tauna.,organisme, dan manusia.
  • Keadaan manusia (human realm)
Keadaan manusia mengalami perubahan yang lehih cepat dan bersifat dinamik dan kreatif. Keadaan manusia meliputi lingkungap sosial, bentang alam budi daya, dan masyarakat. Lingkungan sosial seperti faktor-faktor kebiasaan, tradisi, hukum, dan kepercayaan. Sedangkan bentang alam budi daya, seperti hutan buatan, danau buatan, perkebunan, dan persawahan.

Lingkungan geografi .sangat berpengaruh terhadap pemusatan penduduk, sebaran penduduk, perilaku dan kebudayaan penduduk, serta hubungannya dengan keadaan alam sekitarnya.
Sumber Pustaka: Erlangga