Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan


Pembangunan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas hidup secara bertahap dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki Negara secara bijaksana. Sumber daya tersebut antara lain sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya a1m mencakup air, tanah, udara, hutan, kandungan mineral, dan keanekaragaman hayati. Sumber daya manusia mencakup jumlah penduduk, pendidikan, kesehatan, keterampilan, kebudayaan, dan iptek. Sumber daya alam sifatnya terbatas sehingga dalam penggunaannya harus secara cermat dan hati-hati.

Berbagai permasalahan pembangunan yang timbul mendorong upaya untuk memadukan pembangunan dengan lingkungan. Jika pembangunan dilakukan secara terus menerus dengan tidak memperhatikan factor lingkungan, maka lingkungan hidup akan rusak dan kelanjutan pembangunan akan terancam.



Jadi, yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan lingkungan adalah upaya meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan. Pada prosesnya pembangunan mi mengoptimalkan manfaat sumber daya alam, sumber daya manusia, dan iptek dengan menserasikan ketiga komponen tersebut sehingga dapat berkesinambungan.

Pembangunan berwawasan lingkungan ini dikenal dengan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui
pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, efisiensi, dan memperhatikan pemanfaatannya baik untuk generasi masa kini maupun generasi yang akan datang. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan global yang dihasilkan oleh KTT Bumi di Rio de Jainiro pada tahun 1992. Di dalamnya terkandung dua gagasan penting, yaitu:
  1. gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup, terutama kebutuhan kaum miskin; dan
  2. gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa kini maupun masa yang akan datang.
Hal yang penting diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan berwawasan lingkungan adalah sebagai berikut.
  1. Proses pembangunan hendaknya berlangsung secara terus menerus dengan ditopang oleh kualitas lingkungan dan manusia yang berkembang secara berkelanjutan.
  2. Lingkungan hidup memiliki keterbatasan sehingga dalam pemanfaatannya akan mengalami pengurangan dan penciutan.
  3. Semakin baik kualitas lingkungan maka semakin baik pula pengaruhnya terhadap kualitas hidup manusia di wilayah yang bersangkutan. Dampaknya antara lain terlihat pada meningkatnya usia harapan hidup dan menurunnya tingkat kematian.
  4. Penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dilakukan sehemat mungkin dan dicari sumber daya alternatf lainnya, sehingga dapat digunakan selama mungkin.
  5. Pembangunan yang dilakukan memungkinkan untuk meningkatkan kesejahteraan generasi sekarang tanpa mengurangi kesejahteraan generasi yang akan datang.
Sumber Pustaka: Yudhistira