Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pada Peradaban Romawi

Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pada Peradaban Romawi


Sarjana-sarjana bangsa Romawi bukan hanya sebagai sarjana pencipta teori, tetapi juga merupakan arjana pelaksana dan teori yang diciptakan oleh orang-orang Yunani. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami banyak kemajuan pada zaman kekuasaan Romawi, yaitu sebagai berikut.


  1. Pengetahuan seni bangunan sangat berjasa karena mereka berhasil menemukan beton untuk membangun bangunan yang kokoh dan kuat seperti kubah yang berbentuk setengah bola.
  2. Pengetahuan dan teknik pembuatan jalan, jembatan, saluran air, pembuangan air dalam kota, yang masih digunakan sampai sekarang.
  3. Pengetahuan dan kemampuan mengorganisir dalam bidang kemiliteran dan istilah-istilah militer Romawi yang masih digunakan hingga sekarang seperti legiun, divisi, pasukan kavaleri, dan lain-lain.
  4. Dalam bidang hukum bangsa Roma telah memiliki norma-norma kehidupan hukum yang bersumber pada kesetiaan warga negara.
  5. Pengetahuan dalam bidang pemerintahan. Untuk mencapai tingkat keberhasilan pelaksanaan pemerintahan digunakan beberapa sendi-sendi seperti berikut ini.
    o Pemusatan kekuasaan di tangan kaisar.
    o Peraturan pemerintahan pusat ditaati dalam pelabsanaannya.
    o Pelaksanaan ketertiban dan keamanan secara ketat.
    o Komunikasi antara pusat dan daerah terpelihara baik berkat adanya jalan yang bagus.
    o Tata organisasi kemiliteran seperti persenjataan, disiplin, dan sikap setia kepada negara ditanamkan dan awal.
Sumber Pustaka: Erlangga