Loading...

Jenis Usaha Koperasi Sekolah Dalam Manajemennya

Loading...

Jenis Usaha Koperasi Sekolah


Usaha yang dijalankan oleh koperasi sekolah harus berorientasi kepada seluruh siswa dan yang lebih utama adalah dapat menunjang proses belajar siswa di sekolah yang bersangkutan, seperti:
  1. usaha simpan pinjam,
  2. toko buku dan alat-alat tulis kantor (ATK),
  3. usaha kafetaria atau kantin,
  4. usaha foto kopi dan penjilitan,
  5. usaha potong rambut,
  6. wartel,
  7. usaha parsel, dan
  8. berbagai usaha lainnya yang dapat dikembangkan oleh pengurus.



Usaha Toko Serba Ada

Dalam mengelola toko yang menjual alat-alat kebutuhan anggota/siswa sehari-hari hendaknya dilakukan dengan profesional, misalnya petugas toko harus mencatat barang-barang apa yang sudah habis dan harus dibeli kembali, harus dicatat jumlah barang sudah dibeli, harganya dan cara pembayarannya (tunai atau kredit). Barang-barang yang dibeli haruslah murah, yaitu dan grosir atau pedagang besar. Jangan lupa mencatat dalam buku pembelian ongkos yang dibayarkan untuk membawa/mengangkut barang tersebut seperti ongkos kuli, ongkos becak, dan mobil.

Pengurus koperasi harus mengadakan pembagian t...is aan mengawasi secara hati-hati jalannva usaha beserta buku-bu administrasinya. Apabila ada hal-hal yang perlu bantuan bisa minta saran dan guru pembimbing.

Dalam hal pergantian petugas jaga toko, harus dibuat daftar serah terima jaga toko agar tidak terjadi kekacauan dalam administrasi. toko dan sebagainya.

Kantin Gaul (Kafetaria)

Di kantin dijual makanan dan minuman dan lainnya. Untuk memudahkan pelayanan ada baiknya bila banyak siswa yang akan membeli barang yang sama, mereka didaftar dulu oleh ketua kelas kemudian ketua kelas mengumpulkan uang dan mengambilkan barangnya ke toko.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...