Keadaan Geografi Pada Lembah Sungai Shindu Dan Gangga

Keadaan Geografi Pada Lembah Sungai Shindu Dan Gangga


Daerah India merupakan suatu jazirah dan benua Asia. Jazirah mi disebut juga dengan nama anak benua, karena letaknya seakan-akan terpisah dan daerah daratan Asia, serta Ietaknya menyendiri dan daerah Asia Iainnya.

Di sebelah utara daerah India terbentang deretan pegunungan yang tinggi sekali, yaitu pegunungan Himalaya. Pegunungan ini menjadi pemisah antara India dan daerah-daerah lain di Asia.

Antara pegunungan Himalaya dan Hindu Kush terdapat celah Kaiber (Kaybar Pass). Celah-celah Kaiber inilah yang dilalui oleh masyarakat India di dalam melakukan aktifitas hubungan dengan daerah-daerah lain di Asia. Dan melalui sela-sela itu bangsa-bangsa lain memasuki wilayah India seperti bangsa Aria, Laskar Cyrus Agung, Iskandar Zulkarnaen, bangsa Huna, Mahmud al Ghasni, dan Timur Lenk.



Di tengah-tengah daerah India terdapat pegunungan Windya. Pegunungan ini membagi India menjadi dua bagian: India Utara dan India Selatan.

Pada daerah India bagian Utara mengalir Sungai Shindu (Indus), Gangga, Yamuna, dan Brahmaputera. Daerah itu merupakan daerah su1ur sehingga sangat padat penduduknya.

India bagian selatan sangat berbeda keadaannya dengan India bagian utara. Daerahnya terdiri dan bukit-bukit dan gunung-gunung yang kering dan tandus. Dataran Tinggi di India bagian selatan diberi nama Dataran Tinggi Dekkan. Dataran Tinggi Dekkan kurang mendapat hujan sehingga daerahnya terdiri atas padang rumput savana yang amat luas.
Sumber Pustaka: Erlangga