Keterkaitan Prinsip Demokrasi Dengan Prinsip Demokrasi Pancasila

Keterkaitan Prinsip Demokrasi Dengan Prinsip Demokrasi Pancasila



Kegiatan sosial politik masyarakat Indonesia atas demokrasi Pancasila yang bersumber pada kepribadian dan pandangan hidup bangsa tertuang dalam:
  1. Pembukaan UUD 1945 Alinea IV
  2. Batang Tubuh UUD 1945
  3. Penjelasan UUD 1945.
Sedangkan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila antara lain sebagai berikut.
  1. Kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilaksanakan oleh lembaga perwakilan rakyat.
  2. Keputusan dilakukan dengan jalan musyawarah/ mufakat.



Pemerintahan negara dapat berjalan dengan baik apabila pelaksanaannya telah sesuai dengan cita-cita moral yang luhur, watak, dan kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila telah mewarnai seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesadaran bernegara bagi bangsa Indonesia harus tumbuh dan dikembangkan. Hal itu berarti rakyat harus ikut berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan nasional secara adil dan merata, mematuhi semua peraturan perundangan yang berlaku, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Pelaksanaan demokrasi Pancasila berarti menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, saling menghargai serta selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Dengan demikian, prinsip keadilan dan kebenaran harus ditegakkan dalam mengambil suatu keputusan, karena hal itu menyangkut harkat dan martabat manusia yang harus dihormati dan dijunjung tinggi.

Berdasarkan uraian di atas, bahwa prinsipp rinsip demokrasi Pancasila berkaitan erat dengan prinsip-prinsip demokrasi secara universal. Pada kedua prinsip tersebut sama-sama menghormati dan mengakui hak asasi warga negaranya.
Sumber Pustaka: Yudhistira