Keuntungan Dan Kerugian Nemathelminthes Bagi Manusia

Keuntungan Dan Kerugian Nemathelminthes Bagi Manusia


Cacing dan filum nemathelminthes ada yang hidup parasit pada manusia dan hewan, misalnya Ascaris lumbricoides, Ancylostoma duodenale, dan Trichinella spiralis. Selain itu, banyak anggota filum nematoda yang merupakan hama pertanian dan menyerang akar tumbuhan. Beberapa contoh nematheminthes yang merugikan karena hidup parasit pada pencemaan manusia antara lain sebagai berikut.

Ascaris lumbricoides

Cacing Ascaris dewasa hidup di dalam usus halus manusia dan menyerap zat-zat makanan dan usus tersebut. Cacing mi dapat keluar dan tubuh bersama feses. Apabila orang tersebut sakit panas maka cacing yang tidak tahan berada di dalam usus akan bergerak ke kerongkongan kemudian keluar melalui mulut atau hidung penderita. Ukuran cacing jantan biasanya lebih kecil dengan ekor membentuk kait atau bengkok, sedangkan cacing betina berukuran lcbih besar dengan ekor lurus.



Ancylostoma di4odenale

Umumnya, cacing Ancylostoma disebut cacing tambang karena penderita cacing mi biasanya orang-orang yang bekerja di pertambangan. Cacing mi dapat masuk ke tubuh manusia melalui kulit kaki. Ancylostoma biasanya hidup di dalam usus manusia. Dengan kait yang ada di ekornya, cacing mi dapat mencengkeram dinding usus kemudian mengisap darah penderita.

Enter&bius verinicularis

Cacing ini dikenal dengan cacing kremi. Cacing ini dapat menyebabkan rasa gatal di sekitar dubur, terutama pada anak-anak. Cacing ini menyebabkan rasa gatal karena cacing betina biasanya bertelur di sekitar dubur, dan pada waktu bertelur cacing betina mengeluarkan zat yang dapat mengakibatkan
rasa gatal sehingga penderita akan menggaruknya. Akibatnya, telur cacing dapat menempel
pada kuku penderita sehingga bila penderita makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu
maka telur cacing mi akan ikut tertelan. Di usus, telur akan menetas kemudian tumbuh menjadi dewasa. Jadi, cacing mi dapat menular secara autoinfeksi. Selain itu, cacing mi juga dapat menular melalui makanan yang tidak dibungkus sehingga tercemar telur cacing.

Trichinella spiralis

Cacing Trichinella biasanya hidup di usus manusia dan karnivora lainnya. Di dalam usus, cacing betina dewasa menghasilkan larva yang dapat menembus dinding usus sehingga masuk ke aliran darah. Di dalam aliran darah, cacing kemudian menuju otot. Di otot larva membentuk sista dan dapat melanjutkan daur hidupnya bila otot termakan hewan atau manusia. Penyakit yang disebabkan oleh cacing ini disebut trichin osis.

Wuchereria bancrofli (Cacing ifiaria)

Cacing ini disebut filaria karena tubuhnya berbentuk gilig dan mirip benang Cacing filarial hidupnya di dalàm pembuluh getah bening atau pembuluh limfa di kaki. Cacing mi dapat menyumbat pembulub lijnfe sehiugga rnenyeb abkan pembengkakan pada kaki dan kaki menjadi besar seperti kaki gajah. Oleb karena itu. penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria sering disebut dengan penyakit kaki gajah atau elephantiasis.

Selain cacing-cacing yang bersifat parasit; ternyata nematodajuga memiliki anggota yang memilikj peran penting pada proscs pembusukan dan daur ulang nutrien. Cacing mi umumnya hidup di tanah yang lembap dan di dalam bahan organik yang membusuk di dasar danau atau lautan. Contohnya Caenorhabitis elegans yang telah dibudidayakan secara luas dan merupakan organisme untuk riset. 
Sumber Pustaka: Ganeca Exact