Kiasifikasi Porifera Dan Manfaatnya Bagi Mamusia

Kiasifikasi Porifera Dan Manfaatnya Bagi Mamusia


Porifera terbagi atas tiga kelas berdasarkan kandungan zat yang membentuk spikula, yaitu calcarea, hexactinellida, dan demospongiae.
  • Calcarea
Hewan-hewan yang termasuk kelas mi umumnya tubuhnya berbentuk silindris dan bertipe syconoid. Hewan mi juga memiliki spikula yang terbentuk dan zat kapur. Contohnya Grantia, Leucosolenia, dan Scypha.


  • Hexactinellida
Hewan-hewan pada kelas mi biasanya dikenal dengan bunga karang gelas karena spikulanya terbentuk dan silikat. ContohnyaEuplectella.
  • Demospongiae
Hewan-hewan dan kelas mi mempunyai spikula yang terbentuk dari silikat dan spongia atau spongia saja. Kelas mi memiliki jumlah anggota terbanyak dalam filum porifera. Hewan-hewan kelas mi umumnya memiliki rangka tubuh yang lunak seperti busa sehingga banyak digunakan orang sebagai spons pembersih tubuh pada waktu mandi. Contoh hewan-hewan pada kelas mi ialah Spongilla dan Euspongia.

Manfaat Porifera bagi Manusia

Umumnya, porifera dimanfaatkan manusia sebagai spons untuk membersihkan tubuh karena pada beberapa spesies memiliki spikula yang terbentuk dan protein spongin yang lunak. Selain itu, manusia juga dapat menggunakan tubuh porifera yang sudah mati sebagai hiasan di rumah.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact