Klasifikasi Coelenterata Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Klasifikasi Coelenterata Dan Manfaatnya Bagi Manusia


Filum coelenterata (cnidaria) terbagi dalam tiga kelas, yaitu hydrozoa, scyphozoa, dan anthozoa.
  • Hydrozoa
Sebagian besar hydrozoa melakukan pergiliran bentuk antara polip dan medusa, seperti sikius hidup Obelia. Salah satu anggota kelas ini yang hanya ditemukan dalam bentuk polip ialah Hydra. Apabila kondisi lingkungan baik, Hydra akan bereproduksi dengan pertunasan (budding), tetapi ketika kondisi lingkungan buruk Hydra dapat bereproduksi secara seksual dan membentuk zigot yang resisten sehingga dapat tetap hidup sampai lingkungan membaik. Contohnya Obelia, Hydra, dan Physalia.


  • Scyphozoa
Pada kelas ini, medusa dapat bertahan lebih lama. Medusan ya hidup di antara plankton sebagai ubur-ubur. Sebagian besar hewan dan kelas iiii hidup di pantai dalam bentuk polip selama hidupnya. Contohnya Aurelia.
  • Anthozoa
Hewan yang termasuk kelas ini adalah anemon laut dan karang sehingga umumnya hanya ditemukan dalam bentuk polip. Karang biasanya hidup soliter atau dalam koloni dan karang mensekresikan kerangka eksternal yang keras karena mengandungkalsium karbonat. K.arang yang terdapat di laut sebenarnya merupakan kumpulan dan sisa-sisa polip yang membentuk “batu”.

Manfaat Coelenterata bagi Manusia

Manfaat coelenterata secara spesifik sebenamya belum ada, tetapi keberadaan karang laut yang sangat luas dan indah sehingga dapat dijadikan sebagai tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis hewan laut serta merupakan objek wisata yang sangat indah.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact