Konsep Kronologi Dalam Ilmu Sejarah

Konsep Kronologi Dalam Ilmu Sejarah


Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Kehidupan umat manusia diliputi oleh berbagai perkembangan, baik dalam taraf yang sangat sederhana sampai kepada taraf yang lebih kompleks. Bahkan setiap masa dalam kehidupan umat manusia selalu diliputi oleh berbagai peristiwa. Peristiwa itu bisa besar seperti Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Prokiamasi Kemerdekaan Indonesia dan lain-lain. Bisa pula peristiwa kecil yang. mencakup sebagian kecil dan umat manusia, seperti kenaikan tahta seorang raja, perkawinan dua orang berlawanan jenis dan lain sebagainya.



Dengan kompleksnya peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat manusia pada setiap masa, maka setiap peristiwa perlu diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan jenis-jenis peristiwa tersebut. Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu kejadian dan peristiwa-peristiwa tersebut.

Dengan demikian, konsep kronologi adalah suatu konsep dalam ilmu sejarah yang sangat penting manfaatnya. Tanpa konsep kronologi ini, penyusunan peristiwa-peristiwa sejarah akan mengalami kerancuan dan dikhawatirkan bahwa peristiwa yang teradi dan satu masa atau zaman akan masuk kebagian masa atau zaman yang lain.
Sumber Pustaka: Erlangga