Konsep Periodisasi Dalam Ilmu Sejarah

Konsep Periodisasi Dalam Ilmu Sejarah


Periodisasi berarti tingkat perkembarigan masa atau pembabakan suatu masa. Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat prkemhangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam seiarah.

Rentang waktu atau masa sejak manusia ada hrngga sekarang merup akan rentang yang sangat panjang sehingga para ahli atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupur membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia. Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para ahli menyusun suatu periodisasi-periodisasi sejarah atau pembabakari-pembabakan masa sejarah.


Periodisasi dalam sejarah dilakukan oleh masyarakat. bangsa atau Negara di seluruh dunia. Periodisasi dalam sejarah ini juga dilakukan. karena pada setiap periode sejarah terdapat rangkaian-rangkaian penstiwa atau kejadian dengan jumlah yang sangat banyak.

Salah satu contohnya adalah periodisasi sejarah Eropa hingga sekarang. Untuk mempermudah pemahaman sejarab Eropa secara utuh, maka dilakukan pembabakan atau periodisasi masa searah Eropa dengan focus pembahasan masing-masing periode mempunvai ciri-ciri tersendiri.

Sementara itu, periodisasi sejarah Indonesia tidak dapat disamakan dengan periodisasi sejarah Eropa. Walaupun di beberapa sisi ada yang memiliki kesamaannya. Oleh karena itu, cohalab lihat dan pahami periodisasi tentang sejarah Indonesia hingga sekarang ini.

Contoh-contoh periodisasi di atas hanyalah merupakan garis-garis besar suatu masa atau zaman sehingga masing-masing periodisasi tersebut masih dapat dikelompokkan dalam periodisasi-periodisasi yang lebih kecil lagi.
Sumber Pustaka: Erlangga