Macam-Macam Partai Politik Ditinjau Dari Orientasi, Sikap, Komposisi Dan Keanggotaannya

Macam-Macam Partai Politik


Di dalam suasana demokrasi partai politik tumbuh dan berkembang di setiap negara, sehingga cukup banyak ragam danjumlahnya. Oleh karena itu, para ahli mengelompokkannya dalam beberapa macam partai politik yang ditinjau dan orientasinya, sikapnya, serta komposisi dan keanggotaannya.

Partai Politik Ditinjau dari Orientasinya

  • Partai Afeksi
Partai afeksi adalah suatu partai yang dibentuk oleh sekelompok orang sebagai penghormatan atau tanda kecintaan terhadap seseorang yang dihormati atau dicintainya. Contohnya Partai Bonaparte dan Partal de Gaulles di Prancis. Kedua partai mi dibentuk oleh orang-orang yang menaruh hormat terhadap dua orang tokoh Prancis, yaitu Napoleon Bonaparte dan Jenderal de Gaulle.
  • Partai Kepentingan
Partai kepentingan adalah partai yang didirikan atau dibentuk oleh sekelompok orang untuk memperjuangkan kepentingan anggotanya. Contohnya Partai Buruh dan Partai Tani.
  • Partai Ideologi
Partai ideologi adalah partai yang dibentuk oleh sekelompok orang berdasarkan cita-cita politik dan persamaan agama. Contohnya Partai Komunis, Partai Sarekat Islam, Partai Kristen Demokrat, dan lain-lain.

Partai Politik Ditinjau dari Sikapnya Menghadapi Kondisi Politik dalam Negara

  • Partai Radikal
Partai radikal adalah partai yang dibentuk oleh orang-orang atau sekelompok orang yang merasa tidak puas dengan keadaan politik pemerintahan yang sedang berlangsung. Partai dibentuk dengan tujuan ingin mengadakan perubahan atau refomasi secara cepat, total, dan mendasar.
  • Partai Progresif
Partai progresif adalah partai yang dibentuk oleh sekelompok orang yang merasa tidak puas dengan sistem politik/pemerintahan yang sedang berlangsung. Partai dibentuk dengan tujuan ingin mengadakan perubahan atau reformasi secara bertahap.
  • Partai Reaksioner
Partai reaksioner adalah partai yang dibentuk oleh sekelompok orang yang merasa tidak puas dengan sistem politik/pemerintahan yang sedang berlangsung dan ingin mengembalikan sistem yang berlaku sebelumnya.
  • Partai Konservatif
Partai konservatif adalah partai yang dibentuk oleh orang-orang yang cukup merasa puas dengan sistem politik/pemerintahan yang sedang berlangsung dan ingin tetap mempertahankannya.

Partai Politik Ditinjau dan Komposisi dan Fungsi Keanggotaannya

  • Partai Masa
Partai masa adalah suatu partai politik yang keunggulannya didasarkan pada jumlah anggotanya. Pendukung dan partai massa mi biasanya terdiri atas berbagai aliran politik dalam masyarakat. Mereka bersepakat untuk bernaung di bawah partai itu untuk bersama-sama memperjuangkan programnya.
  • Partai Kader
Partai kader adalah partai yang mengutamakan ketaatan organisasi partai, serta mewajibkan ketaatan dan disiplin serta ibyalitas yang tinggi dan anggotanya. Untuk menjadi anggota partai seseorang hams melalui seleksi ketat dan mengikuti program kaderisasi secara bertahap hingga menjadi anggota yang benar-benar berkualitas. Bagi calon anggota atau anggota yang tidak disiplmn terhadap aturan partai dapat dipecat tanpa kompromi.
Sumber Pustaka: Yudhistira