Makna Hukum Internasional Menurut Para Ahli Dalam Sistem Hukum Internasional

Makna Hukum Internasional Menurut Para Ahli Dalam Sistem Hukum Internasional


  • Hugo de Groot
Hugo de Groot (Grotius) dalam bukunya De lure Belli ac Pacis (perihal Perang dan Damai) mengemukakan, bahwa hukum dan hubungan internasional didasarkan pada kemauan bebas ataĆ¼ hukum alam dan persetujuan beberapa atau semua negara. Ini ditujukan demi kepentingan bersama dan mereka yang menyatakan din di dalamnya.
  • Prof. Dr. J.G. Starke
Hukum interasional adalah sekumpulan hukum (body of law) yang sebagian besar terdiri dan asas-asas dan karena itu biasanya ditaati dalam hubungan antarnegara.


  • Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmaja, S.H.
Hukum internasional, adalah keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas yang merigatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas-batas negara antara negara dengan negara, negara dengan subjek hukum internasional lainnya yang bukan negara atau subjek hukum bukan negara satu sama lain.
  • Wirjono Prodjodikoro
Hukum iriternasional adalah hukum yang mengatur perhubungan hukum antar bebagai bangsa di berbagai negara. Berdasarkan makna atau pengertiarl dan para ahli hukum internasional dalam penerapannya dapat dibedakan menjadi hukum perdata internasional dan hukum public internasional.
  1. Hukum perdata internasional adalah hukum internasional yang mengatur hubungan hukum antara warga negara di suatu Negara dengan warga negara dan negara lain (hukum antarbangsa).
  2. Hukum publik internasional adalah hukum internasional yang mengatur negara yang satu dengan negara yang lain dalam hubungan internasional (hukum antarnegara).
Sumber Pustaka: Yudhistira