Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Alam Sekitarnya

Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Alam Sekitarnya


Meskipun ukuran pohonnya kecil, tumbuhan lumut merupakan anggota ekosistem yang sangat penting. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan perintis untuk pertumbuhan tumbuhan lain dan dapat mencegah erosi. Di lain pihak, lurnutlah yang memperkaya hutan kita yang merupakan hutan hujan sehingga mengurangi kesan gersang dan rnelembutkan permukaan bumi bagaikan sebuah karpet. 

Karpet lembut yang mengagumkan mi pada kenyataannya mampu melapukkan batuan yang merupakan tempat tumbuhnya. Hasil pelapukan batuan mi akan menghasilkan tanah subur untuk tempat tumbuhnya tanaman lain. Inilah fungsi lumut sebagai tumbuhan perintis. Lumut juga dapat menahan butiran tanah sehingga dapat mencegah terjadinya tanah longsor.



Salah satujenis tumbuhan lumut yang bennanfaat ialah Sphagnum. Sel daun dan bongkolnya yang kosong banyak mengandung air. Oleh karena itu, Sphagnum digunakan untuk pembungkus tanaman sebagai sumber pengembunan dan selama pengapalan. Sphagnum yang telah diuraikan sebagian berupa abu organik juga masih banyak mengandung uap air sehingga saat ditambahkan ke dalam tanah dapat memperbaiki struktur tanah dan mempertahankan kapasitas air dalam tanah.

Di Amerika Utara, abu organik digunakan untuk kebutuhan tanaman hortikultura. Abu organik dan bongkol Sphagnum yang sudah lama lapuk dijadikan bahan bakar penting di daerah yang beriklim es seperti Irlandia, Wales, Skotlandia, Denmark, dan Finlandia.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact