Menerapkan Semangat Kebangsaan Dalam Hakekat Bangsa Dan Negara

Menerapkan Semangat Kebangsaan Dalam Hakekat Bangsa Dan Negara


Untuk menerapkan semangat kebangsaan kepada generasi muda, diperlukan prinsip prinsip patriotisme dan nasionalisme sejak dini. Tujuannya adalah agar nilai-nilai tersebut ungguh-sungguh dihayati dan diamalkan oleh segenap warga negara baik dalam kehidupan. pribadi maupun dalam kehidupan sosial.

Keteladanan

Keteladanan dapat diberikan di berbagai lingkungan, seperti di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, instansi pemerintah ataupun swasta. Yang utama adalah keteladanan harus dapat memberi contoh dalam kehidupan bernegara, pejabat pemerintahan, anggota partai politik, dan para simpatisannya kepada masyarakat. Presiden dan para menteri member contoh yang baik kepada warga negaranya.


  • Di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat
Peranan orang tua di dalam keluarga sangatlah penting. Pendidikan orang tua sangat membantu perkembangan anak sejak dan lahir hingga beranjak dewasa. Selanjutnya perkembangan anak akan dipengaruhi oleh lingkungannya. Jadi, baik atau buruknya seorang anak melakukan filtrasi terhadap pengaruh luar dirinya bergantung pada perkembangan atau pendidikan di dalam keluarga.

Terkadang, ada pula seorang anak yang memberi keteladanan bagi orang tuanya. Dapat pula tokoh masyarakat kepada pembantunya. Misalnya, memberi hewan kurban di han raya idul adha, membayar pajak tepat waktu, merenovasi rumah kumuh di kampungnya atau kerja bakti di lingkungannya.
  • Di Lingkungan Sekolah
Keteladanan dapat diberikan oleh pamong sekolah, pengurus OSIS sampai pengurus kelas. Misalnya, melakukan sumbangan uang untuk membantu teman sekelasnya yang terkena musibah, membersihkan lingkungan sekolah, menjalin persahabatan dengan sekolah lain atau tidak melakukan tawuran pelajar.
  • Di Lingkungan Instansi Pemerintah atau Swasta
Keteladanan tokoh/pernimpin perusahaan yang dituakan (senioritas) akan sangat berpengaruh bagi karyawan dan karyawati lain. Misalnya, memprakarsai kegiatan donor darah, pengentasan kemiskinan, membantu korban bencana, atau berperilaku adil dan bijaksana.

Pewarisan

Rangkaian kegiatan yang merupakan bagiandan pewarisan antara lain adalah suka bekerja keras, ulet, tekun, membiasakan menabung, berperilaku hemat atau sederhana. Kegiatan di atas, diharapkan nilai-nilai dibalik kegiatan tersebut akan membentuk kepribadian din. Misalnya, tapak tilas, kunjungan ke museum, melaksanakan upacara bendera, disiplin din, atau berjiwa kreatif.
Sumber Pustaka: Yudhistira