Loading...

Menganalisis Prestasi Diri Di Berbagai Bidang

Loading...

Menganalisis Prestasi Diri Di Berbagai Bidang


Pengembangan SDM (sumber daya manusia) dalam suatu negara mutlak dilakukan oleh suatu bangsa yang ingin maju dan berkembang sedini mungkin. Pengembangan harus terarah, terpadu, dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dan reaktif. Artinya, kita tidak hanya tinggal diam melainkan selalu merespon dan antisipasi secara baik. Hal ini harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan hak dukungan dan perlindungan sesuai dengan potensinya.

Setiap komponen bangsa harus ikut serta bersama-sama dalam memajukan kemajuan bangsa Indonesia. Partisipasi yang diinginkan harus sesuai dengan kamampuan dan bidang masing-masing. Misalnya, siswa melaksanakan kewajiban di sekolah, mematuhi tata tertib sekolah, atau menghargai warga sekolah seperti kepala sekolah, guru, pegawai,. dan harus menghormati orang yang lebih tua. Hormat  menghormati dan saling menghargai sesame umat manusia harus dilakukan oleh baik yang berbeda agama, etnis, suku bangsa maupun warna kulit. Nilai yang harus dikembangkan adalah saling menghargai satu sama lain.



Seorang pegawai akan bekerja dengan baik dalam melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan bidang pekerjaan dan profesinya. Pekerjaan dan tugasnya harus dilakukan dengan fiat baik yang bertujuan untuk memajukan bangsa dan negara. Begitu juga seorang petani, saudagar, dan buruh, tentu mereka akan bekerja dengan baik selain untuk menghidupi kebutuhan keluarga mereka. Bila setiap individu bekerja dengan baik dan sesuai dengan bidangnya, maka ini merupakan salah satu bentuk warga negara ikut membina dan memajukan bangsa dalam arti luas.

Mengejar prestasi harus dengan usaha dan upaya yang sungguh-sungguh sesuai dengan bakat dan keinginan setiap individu. Mengejar prestasi tidak mungkin dicapai tanpa usaha dan kerja keras. Oleh karena setiap individu harus memiliki skill (keahlian) atau kecakapan hidup life skill, Kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk berani menghadapi masalah hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan. Kemudian secara produkif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya.

Kemampuan dan skill beraneka ragam seperti kemampuan di bidang akademik, kemampuan di bidang nonakademik. Kernampuan berfikir kritis, kemampuan sosial, kemampuan seni dan olahraga adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap warga negara dan diabdikan untuk kepentingan Negara dan bangsa. Hal mi sejalan derigan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Sebagai anggota masyarakat di tingkat RT dan RW misalnya, kita harus ikut menjaga ketertiban dan menjaga keamanan, kerja bakti, dan menjaga hubungan sesama manusiawi yang didasarkan kepada nilai-nilai yang terdapat pada masyarakat setempat.

Begitu juga kita dalam keluarga baik sebagai anak tentu harus patuh dan taat kepada orang dan berbakti kepada mereka serta menghargai dan membantu mereka apabila mereka sudah tua.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...