Mengembangkan Sikap Yang Didasari Iman Dan Takwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Mengembangkan Sikap Yang Didasari Iman Dan Takwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa


Kita sudah mengetahui di Negara Kesatuan Republik Indonesia terdapat lima agama, yaitu agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Buddha. Antar pemeluk agama yang berbeda-beda tersebut hidup rukun dan damai dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Agama mengajarkan agar umat manusia berbuat kebaikan dan memiliki rasa cinta kasih sayang terhadap sesama manusia. 

Kita harus mengembangkan sikap yang didasari iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari dengan berpedoman kepada ajaran agama yang mendorong manusia dan masyarakat untuk berbuat baik dan benar. Kebenaran dan kebaikan adalah ajaran agama yang wajib dilaksanakan.



Adapun sikap seseorang yang didasari iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut:
  1. hidup rukun dan damai antarumat beragama;
  2. tidak memaksakan agama atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain;
  3. tidak mengganggu umat agama lain yang sedang melaksanakan ibadahnya;
  4. saling menolong dalam kebaikan dengan penuh keikhlasan;
  5. tidak membeda-bedakan agama atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam berteman atau bergaul;
  6. tidak menyinggung perasaan atau melukai hati umat agama lain;
  7. hidup bergotong royong dengan semangat kekeluargaan.
Sikap-sikap yang baik tersebut hendaknya dikembangkan dan dibiasakan sebagai sifat dan ciri kehidupan masyarakat Indonesia. Di samping kita akan memperoleh pahala dan Tuhan Yang Maha Esa, kehidupan semacam ini juga akan memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Sumber Pustaka:Tiga Serangkai