Menentukan Sikap Dalam Menghadapi Keragaman Hubungan Sosial Untuk Mewujudkan Keselarasan Sosial

Menentukan Sikap Dalam Menghadapi Keragaman Hubungan Sosial Untuk Mewujudkan Keselarasan Sosial


Agar terjalin hubungan antaramanusia yang serasi dan harmonis, maka tidak lepas dari rasa saling terkait antara yang satu dengan lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Salah satu kebutuhan manusia yang penting adalah kebutuhan akan adanya keselarasan (keteraturan) sosial. Apabila terjadi keselarasan sosial antarindividu atau kelompok, maka akan mempermudah terjadinya penyesuaian din dengan proses-proses sosial dalam masyarakat. Sebaliknya apabila dalam masyarakat terjadi ketidakselarasan sosial baik antarindividu maupun kelompok, maka akan terjadi kesulitan-kesulitan untuk melakukan penyesuaian terhadap proses-proses social dalam masyarakat. Termasuk dalam hal ini. upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.



Faktor utama yang menjadi sumber terjadinya keselarasan social adalah adanya pengendalian (kontrol) sosial. Pengendalian sosial adalah upaya-upaya dalam masyarakat untuk melakukan tindakan, interaksi ataupun proses sosial yang sesuai dengan nilai dan norma yang telah diterima sebagian besar masyarakat.

Keselarasan sosial akan terjadi pada saat proses-proses social berlangsung, telah diakui, didukung, dan dilaksanakan oleh warga masyarakat. Oleh karena itu, untuk mewujudkan keselarasan social dalam masyarakat, maka setiap warga masyarakat harus mampu menjunjung tinggi nilai dan norma sosial yang berlaku.
Sumber Pustaka: Yudhistira