Merumuskan Nilai Sebgai Sumber Norma

Merumuskan Nilai Sebgai Sumber Norma


Dalam menjalani kehidupannya, semua manusia membutuhkan ketenteraman, keamanan, dan keteraturan. Hal itu terjadi karena manusia hidup dalam lingkungan masyarakat sehingga membutuhkan bantuan orang lain dalam memenuhi kepentingannya dan selalu ingin hidup bersama-sama.



Untuk menciptakan kehidupan yang teratur, aman, dan tenteram diperlukan kesadran dan diri sendiri dan kesadaran sosial. Kesadaran adalah keinsafan dan hati nurani manusia, mengerti, dan memahami dirinya. Hal itu ditandai dengan tingkah laku dan perbuatan nyata yang dilaksanakan secara ikhlas. Misalnya, tidak bertindak semena-mena, mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, atau mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku.

Banyakya kepentingan atau kebutuhan manusia di dalam masyarakat, suatu kekuasaan atau kekuatan yang dapat mengembangkan hal tersebut. Kekuasaan yang dimakud dapat berbentuk tata tertib, peraturan, atau petunjuk hidup yang dalam istilah halusnya disebut kaidah atau norma. Kaidah atau norma terdapat dalam agama, adat-istiadat, kebiasaan, kesopanan, dan hukum. Petunjuk hidup itulah yang merupakan gejala sosial, yaitu gejala yang terdapat di dalam msayarakat umum.
Sumber Pustaka: Yudhistira