Peluang Untuk Mewujudkan Prestasi Dalam Kemampuan Menunjukan Prestasi Diri

Peluang Untuk Mewujudkan Prestasi Dalam Kemampuan Menunjukan Prestasi Diri


Menyadari dampak positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan dan berbagai bidang kehidupan memudahkan manusia dalarn mencapai tujuan. Misalnya penggunaan alat komunikasi. Dengan adanya handphone, setiap orang sudah dapat berhubungan secara langsung baik nasional maupun internasional. Begitu juga di bidang transportasi, baik darat maupun udara, kita sudah dapat berpergian ke satu tempat dengan cepat.

Sebenarnya bangsa Indonesia mempunyai banyak peluang untuk mencapai kemajuan di dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangsa Indonesia dapat memanfaatkan peluang kerja sama bilateral (dua negara) dan kerja sama multilateral (kerja sama banyak negara).



Perjanjian kerja sama yang dibuat baik antara kedua negara atau lebih akan memberikan peluang yang baik sekali, baik dalam bidang ekonomi, teknologi, sosial maupun pendidikan. Bila rakyat dapat mewujudkan kemampuan dan prestasinya, maka hal mi akan menjadi motivasi dan dorongan bagi semua warga negara untuk berprestasi dalam bidangnya masing-masing. Manfaat kerja sama antarbangsa antara lain sebagai berikut.
  1. Dapat memperkuat hubungan antarbangsa.
  2. Mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan masing-masing.
  3. Mencegah terjadinya kekerasan dan pelanggaran HAM.
  4. Pertiikaran budaya dalam rangka meningkatkan kemajuan satu sama lain.
  5. Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
  6. Memupuk hubungan persahabatan.
Kerja sama mi akan terlaksana dengan baik apabila bangsa bersatu, kokoh, dan mempunyai kemampuan. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan din dan kemampuari bangsa secara keseluruhan. Bangsa Indonesia akan diakui eksistensinya atau diakui keberadaannya di tingkat dunia apabila kita lebih proaktif dan ikut ambil bagian dalam setiap peristiwa dan kemajuan internasional. mi dapat dicapai dengan menangkap peluang dan segala hal untuk meningkatkan SDM manusia Indonesia melalui pendidikan dan kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
Sumber Pustaka: Yudhistira