Loading...

Pengambilan Keputusan Dalam Demokrasi Pancasila

Loading...

Pengambilan Keputusan Dalam Demokrasi Pancasila


Demokrasi Pancasila sebagai suatu sistem pemerintahan berdasarkan kedaulatan rakyat, maka rakyatlah yang menentukan bentuk dan isi pemerintahan yang sesuai dengan hati nuraninya. Pemerintah harus memfokuskan perhatiannya kepada kepentingan rakyat demi kemakmuran rakyat secara adil dan merata.

Segala kebijaksanaan pemerintah harus berdasarkan musyawarah. Pengambilan keputusan harus dapat dilakukan secara arif dan bijaksana yang sesuai dengan jiwa Pancasila. Pemerintahan yang stabil merupakan syarat yang penting dapat terlaksananya program-program pemerintah. Oleh karena itu, dalam bermusyawarah harus dapat menampung perbedaan pendapat yang ada dalam masyarakat. 



Adanya perbedaan-perbedaan pendapat itu merupakan hal yang wajar dalam kehidupan demokrasi, asal penyelesaiannya melalui aturan permainan yang berlaku dalam alam demokrasi itu sendiri dengan menaati bersama. Sistem kelembagaan dan musyawarah selalu berpijak atas kepentingan seluruh rakyat.

Selanjutnya dalam pengambilan keputusan tersebut harus sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila yaitu keseimbangan antara hak dan kewajiban, persamaan, kebebasan yang bertanggung jawab, menutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Berikut ini adalah bebrapa tahanap pengambilan keputusan dalam demokrasi pancasila:
  1. Keputusan Berdasarkan Mufakat
  2. Keputusan Berdasarkan Suara Terbanyak
  3. Keputusan untuk Mengubah UUD 1945
  4. Keputusan untuk Menetapkan GBHN
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...