Pengertian Atlas Dan Syaratnya Pada Ilmu Geografi

Pengertian Atlas Dan Syarat Atlas


Atlas adalah kumpulan peta yang dibuat dalam bentuk buku. Atlas yang baik hendaknya mudah dimengerti dan tidak membingungkan bagi pengguna. Agar atlas menjadi baik paling tidak harus memuat komponen-komponen berikut ini.

Judul Atlas

Judul atlas diletakkan di halaman sampul dan harus berhubungan dengan isi atlas. Sebagai contoh yaitu Atlas Indonesia. Karena judulnya Atlas Indonesia maka atlas tersebut antara lain memuat peta Indonesia, peta pulau-pulau di Indonesia, dan peta provinsi-provinsi di Indonesia.



Tahun Pembuatan Atlas

Tahun pembuatan atlas yang berbeda akan menyajikan informasi yang berbeda pula, terutama yang berhubungan dengan data yang sifatnya dinamis. Tahun pembuatan atlas biasanya ditulis setelah nama penerbit, misalnya Atlas Persada, diterbitkan oleh PT Yudhistira, 2000.

Daftar Isi

Daftar isi menunjukkan judul-judul peta dan halamannya yang ada dalam atlas. Daftar isi memudahkan pengguna dalam mencari peta yang dibutuhkan.

Legenda

Legenda digunakan untuk menunjukkan arti simbol yang digunakan pada peta yang ada dalam atlas. Legenda biasanya diletakkan di halaman awal sebelum peta-peta pokok.

Indeks berguna untuk memudahkan dalam mencari letak sebuah kota, gunung, pulau, sungai, atau unsur-unsur geografi yang lain. Unsur-unsur geografi tersebut disusun dalam kelompok-kelompok tertentu, misalnya ada kelompok kota, kelompok gunung, kelompok pulau, kelompok danau, dan kelompok laut. Akan tetapi, ada pula penulisan nama-nama unsur geografi tersehut diurutkan sesuai dengan abjadnya.

Contoh:

Misalnya kita ingin mencari letak kota Abang di Indonesia. Caranya kita buka halaman indeks kemudian kita can kelompok kota dengan urutan abjad A. Apabila pada indeks Abang 36, E 2, maka artinya angka 36 menunjukkan nomor urut halaman dalam atlas, huruf E menunjukkan kolom antara dua garis bujur (vertikal) dan angka 2 menunjukkan kolom antara dua garis lintang (horizontal).

Langkah-langkah seperti di atas memudahkankita untuk menemukan letak setiap objek geografi. Kita dapat mencari nama kota, gunung, sungai, dan objek geografi lain yang terdapat di berbagai negara dengan menggunakan atlas dunia.
Sumber Pustaka: Yudhistira