Pengertian Atmosfer Dan Jenis Lapisannya

Pengertian Atmosfer Dan Jenis Lapisannya


Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bola Bumi dan terdiri dan bermacam-macam gas. Udara yang mengelilingi permukaan Bumi tersebut terdiri dan bermacam-macam lapisan dan memiliki ciri sendiri-sendiri.

Lapisan Troposfer

Troposfer merupakan lapisan paling bawah. Di daerah kutub ketinggiannya mencapai 8 km, sedangkan di daerah khatulistiwa ketinggiannya mencapai 18 km. Di dalam lapisan troposfer mi terjadi awan, hujan, perubahan suhu udara, atau proses-proses yang menentukan cuaca.



Lapisan Stratosfer

Stratosfer adalah lapisan yang berada di atas troposfer. Pada bagian atas stratosfer terdapat lapisan ozon yang merupakan pelrndung bagi makhluk hidup di muka Bumi dan radiasi sinar ultra.yiolet Matahari.

Lapisan Mesosfer

Mesosfer berada di atas stratosfer. Pada lapisan irii suhu udara mula-mula tinggi kemudian menunm dengari bertambahnya ketinggian. Suhu bagian atas atau puncak mesosfer mencapai —90°C.

Lapisan Termosfer

Termosfer berada di atas Mesosfer. Pada lapisan ini suhu semakin tinggi dengan bertambahnya ketinggian. Lapisan bagian bawah dan ntermosfer ini disebut ionosfer dan sangat berperan dalam penyebaran gelombang radio.

Lapisan Eksosfer

Eksosfer berada pada ketinggian 1000 km dan merupakan lapisan paling luar dan Atmosfer. Lapisan ini dapat menghancurkan benda-benda angkasa luar yang melewatinya.
Sumber Pustaka: Yudhistira