Pengertian Batuan Dan Jenis Beserta Contohnya

Pengertian Batuan Dan Jenisnya


Di dalam geologi, semua bahan yang membentuk lapisan kulit Bumi disebut batuan. Tanah, pasir, karang batu, dan kerikil termasuk batuan. Menurut proses terbentuknya batuan dapat digolongkan menjadi tiga golongan besar, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Batuan Beku

Batuan beku terbentuk dan magma yang membeku. Batuan ini terjadi ketika magma naik ke permukaan Bumi temperatur dan tekanannya semakin berkurang sehingga benda yang cair dan hat berubah menjadi padat berbentuk kristal-kristal.



Pada saat proses pembekuan tersebut dibarengi oleh proses deferensiasi thermos (pemisahan suhu), yang mengakibatkan mineral dalam magma sahing memisahkan din dan proses deferensiasi gravitasi (pemusatan gaya berat atau gaya tarik Bumi).

Berdasarkan tempat terjadinya batuan bekudibedakan menjadi tiga kelompok berikut ini.
  1. Batuan beku dalam, yaitu batuan yang tempat pembekuannya jauh di dalam kulit Bumi. Batuan beku dalam sering disebut batuan abysal atau batuan plutonium. Contohnya yaitu granit, grabo, dan dolerit.
  2. Batuan beku gang, yaitu batuan yang tempat terjadinya di celah-celah lapisan kulit Bumi. Contohnya yaitu riolit, fonolit, dan latit.
  3. Batuan beku luar disebut pula batuan beku lelehan (effusif), yaitu jenis batuan yang tempat terjadinya pembekuan di permukaan Bumi. Contohnya yaitu andesit, trasit; basalt, obsidian, dan batu apung.

Batuan Endapan (Sedimen)

Batuan sedimen adalah jenis batuan yang terjadi karena proses sedimentasi (pengendapan). Batuan sedimen terutama beTasal dan batuan beku yang lapuk karena faktor-faktor penyinaran Matahari, hujan, pendinginan, aliran air, pukulan gelombang, hewan, tumbuhan, dan manusia.

Berbagai faktor tersebut menyebabkan batu-batuan yang keras dapat menjadi retak, pecah, atau mengelupas bagian permukaannya. Material hancuran batuan tersebut mengalami kompaksi dan sedimentasi (pemadatan dan perekatan) ehingga terbentuk batuan sedimen dengan cirri utamanya berlapis-lapis. Contoh batuan sedimen yaitu batuan konglomerat dan breksi.

Batuan Malihan (Metamorf)

Batuan metamorf adalah jenis batuan yang berasal dan batuan beku dan batuan sedimen. Karena pengaruh tenaga alam, yaitu suhu dan tekanan udara, dalam jangka waktu tertentu sifat batuan tersebut berubah. Perubahan sifat batu-batuan tersebut dikarenakan terjadinya diagenesa atau metamorfosis. Diagenesa adalah perubahan sifat batuan karena suhu dan tekanan yang tidak tinggi, sedangkan metamorfosis adalah sifat perubahan wujud sehingga bentuk dan susunan yang semula tidak nampak. 

Contohnya yaitu gneis yang berasal dan batuan granit dan orthogneis, yaitu gneis yang berasal dan batuan beku dan mempunyai lapisan tertentu sehingga menyerupai batuan sedimen.
Sumber Pustaka: Yudhistira