Pengertian Biaya Produksi (Cost) Menurut Ahli Pada Ilmu Ekonomi

Pengertian Biaya Produksi (Cost)


Untuk menghasilkan barang atau jasa diperlukan faktor-faktor produksi seperti bahan baku tenaga kerja, modal dan keahlian pengusaha. Semua faktor-faktor produksi yang dipakai adalah merupakan pengorbanan dan proses produksi dan juga berfungsi sebagai ukuran untuk menentukan harga pokok barang.

Menurut Suherman Rosyidi, biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk dapat menghasilkan output. Dan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa biaya apa saja yang diperlukan untuk membuat produk, baik barang maupun jasa disebut dengan biaya produksi.



Biaya produksi dapat dibagi menjadi dua, yaitu biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah pengeluaran-pengeluaran nyata dan kas perusahaan untuk membeli atau menyewa jasa-jasa faktor produksi yang dibutuhkan dalam berproduksi. Contoh biaya tenaga kerja, sewa gedung, biaya pembelian mesin, dan alat-alat kantor.

Biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat. Anda tentu telah belajar opportunity cost pada Pelajaran 1. Dengan demikian, biaya implisit ini tidak dikeluarkan langsung dan kas perusahaan. Biaya implisit diperhitungkan dan faktor-faktor produksi yang dimiliki sendiri oleh perusahaan. Contoh penggunaan gedung milik perusahaan sendiri.
Sumber Pustaka: Yudhistira