Pengertian Gempa Bumi Beserta Faktor Dan Akibatnya

Pengertian Gempa Bumi Beserta Faktor Dan Akibatnya


Gempa Bumi adalah getaran kulit bumi akibat adanya tenaga atau kekuatan dari dalam Bumi. Gempa bumi berhubungan dengan adanya gerakan getaran yang menghambat di dalam Bumi. Kadang-Kadang getaran kulit bumi sangat kuat sehingga menimbulkan berbagai kerusakan.
  1. Kegiatan gunung berapi, yaitu pada saat tersumbatnya gerakan magma keluar dan dapur magma melalui lubang kepundan. Gempa semacam ini disebut gempa Bumi vulkanik.
  2. Pergeseran letak lapisan kulit Bumi, yaitu aktivitas kerak Bumi berhubungan dengan peristiwa tektonisme. Pergeseran mi akan menimbulkan guncangan yang sangat dahsyat dan sering menimbulkan malapetaka besar. Gempa semacam ini disebut gempa Bumi tektonik.
  3. Runtuhan tanah, misalnya pada lubang atau dinding gua dalam tanah. Gempa semacam ini disebut gempa Bumi runtuhan atau terban.


Akibat yang ditimbulkan dan adanya gempa Bumi antara lain berikut ini.
  1. Bangunan-bangunan menjadi rusak, antara lain hancurnya rumah-rumah, pipa air, tiang listrik, jalan raya, jalan kereta api, dan jembatan-jembatan.
  2. Tanah longsor yang mengakibatkan terjadinya lubang-lubang-besar pada tanah.
  3. Terdapat retakan-retakan tanah yang cukup besar.
  4. Banyak orang yang meninggal dunia, antara lain karena tertimbun tanah, kejatuhan pohon, dan terkena runtuhan bangunan.
Sumber Pustaka: Yudhistira