Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Hubungan Internasional


Hubungan Internasional Fmenurut buku Rencanâ Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Renstra), adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut. Hubungan ml dalam Encyclopedia Americana dilihat sebagai hubungan politis, budaya, ekonomi, ataupun hankam. Konsep ini berhubungan erat dengan subjek-subjek, seperti organisasi internasional, diplomasi, hukum internasional, dan politik internasional.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Untuk dapat memahami lebih jauh tentang pengertian hubungan internasional, berikut ada beberapa pengertian menurut beberapa ahli.
  • Charles A. MC. Clelland
Hubungan internasional adalah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.


  • Warsito Sunaryo
Hubungan internasional mçrupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisa diartikan sebagai: negara, ban gsa man pun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional.
  • Tygve Nathiessen
Hubungan internasional merupakan bagian dan ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan internasiorral meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional, dan hukum internasional.

Konsep hubungan internasional berhubungan erat dengan subjek-subjek internasional, seperti organisasi internasional, hukum internasional, politik internasional termasuk diplomasi.
Sumber Pustaka: Yudhistira