Pengertian Ilmu Negara Dan Ilmu Tata Negara Beserta Perbedaannya

Ilmu Negara Dan Ilmu Tata Negara

Berikut ini merupakan pengertian dan berbedaan antara ilmu negara dan ilmu tata negara.

Ilmu Negara

Ilmu negara merupakan terjemahan bahasa Belanda, dan kata staatsleer (staat = Negara dan leer atau lehre = ilmu). Istilah staatsleer diambil dan bahasa Jerman die staatslehre. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut theory of state, geneial theory of state, atau political theory atau dalam bahasa Prancis dikenal dengan sebutan theorio d’etat.



Dengan demikian ilmu negara adalah ilmu untuk mempelajari masalah-masalah dan pengertian-pengertian umum yang terdapat pada setiap negara. Pokok bahasan ilmu Negara ditujukan pada hal-hal umum yang sama atau serupa dengan negara-negara yang ada atau yang pemah ada di dunia. Misalrfya tentang asal-usul, tujuan dan fungsi terbentuknya negara. Hakikat timbul dan lenyapnya negara serta perkembangan bentuk-bentuk negara pada umumnya. Ilmu negara tidak membahas tentang bagaimana pelaksanaan hal-hal yang umum dalam suatu negara tertentu. Oleh karena itu, ilmu negara lebih bersifat teoritis.

Orang yang pertama kali menyelidiki dan mempelajari ilmu negara adalah George Jellineck, seorang warga negara Jerman. Dalam bukunya yang berjudulAllgemeine Staatslehre (Ilmu Negara Umum), ia menyusun sistematika ilmu negara. Dengan sistematika yang dibuatnya, orang dapat melihat secara keseluruhan mengenai bidang ilmu negara. Oleh karena jasa-jasanya itulah George Jellineck disebut Bapak Ilmu Negara.

Ilmu tata Negara

Ilmu Tata Negara adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana susunan atau tata bentuk suatu negara tertentu, bagaimana pemerintahan negara itu disusun dan diselenggarakan dan tingkat pusat sampai ke daerah. Dalam buku yang berjudul Ilmu Negara karangan M. Solly Lubis, S.H. disebutkan bahwa, “Ilmu Tata Negara adalah ilmu yang mempelajari Negara-negara tertentu.” Misalnya mengenai bagaimana pemerintahan negara itu disusun dan dijalankan dan tingkat pusat hingga daerah.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Negara dan Ilmu Tata Negara berhubungan erat. Keduänya sama-sama menjadikan negara sebagai objeknya. Persamaan dan perbedaan Ilmu Negara dan Ilmu Tata Negara adalah sebagai berikut.


Sumber Pustaka: Yudhistira