Pengertian Lingkungan Hudup Dan Unsurnya

Pengertian Lingkungan Hudup Dan Unsurnya

Berikut ini merupakan pengertian dan unsur lingkungan hidup yang perlu kita ketahui bersama.

Pengertian Lingkungan Hidup

Selain manusia, bumi kita mi ditempati oleh sejumlah makhluk hidup lainnya dan benda-benda mati. Makhluk hidup tersebut antara lain berbagai tumbuhan, hewan, dan jasad renik. Benda-benda mati yang dimaksud antara lain udara, air, dan tanah. Makhluk hidup dan benda mati saling berhubungan satu sama lain membentuk sistem yang dinamakan ekosistem. Manusia merupakan salah satu anggota di dalamnya yang berperan penting dalam kelangsungan jalinan hubungan yang terdapat dalam sistem tersebut. Inilah gambaran lingkungan hidup yang terdapat di bumi kita.

Menurut Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.



Berdasarkan pengertian tersebut lingkungan hidup terdiri atas unsur-unsur biotik (makhluk hidup), abiotik (benda mati), dan budaya manusia.

Jalinan hubungan antara manusia dengar lingkungan hidupnya tidak hanya ditentukan oleh jenis dan jumlah makhluk hidup dan benda mati dan lingkungan alam tersebut, melainkan juga oleh budaya manusia itu sendiri.

Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terdiri atas beberapa unsur yang saling terkait satu dengan lainnya. Misalnya, semua benda baik yang hidup maupun yang mati, daya atau energi, keadaan atau situasi, perilaku manusia sebagai makhluk sosial, ruang atau tempat berlangsungnya berbagai komponen lingkungan serta proses interaksi dan interrelasi antara komponen hidup dan komponen tak hidup. Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu berikut ini.
  • Unsur Fisik (Abiotik)
Unsur fisik yang terdapat dalam lingkungan hidup terdiri atas tanah, air, udara, sinar matahari, senyawa kimia, dan sebagainya. Fungsi dan unsur fisik dalam lingkungan hidup adalah sebagai media untuk berlangsungnya kehidupan. Sebagai contoh tanah merupakan unsur fisik lingkungan yang mampu mendukung pertumbuhan tanaman. Hubungan makhluk hidup dengan tanah sangatlah erat karena mereka berasal dan hidup di atas tanah. Kelangsungan hidup manusia di antaranya tergantung dan tanah dan sebaliknya tanahpun memerlukan manusia untuk keberlanjutannya sebagai tanah yang memiliki fungsi. 

Air diperlukan oleh semua makhluk hidup untuk mengalirkan zat-zat makanan dan matahari merupakan energi utama untuk bergerak atau berubah. Jika unsur fisik mi tidak ada, maka semua kehidupan yang terdapat di muka bumi ini akan berhenti. Jadi, makhluk hidup sangat tergantung dan keberadaan unsur fisik tersebut. Tentunya kamu sudah mengetahui bahwa udara merupakan sumber kehidupan yang utama bagi semua makhluk hidup.
  • Unsur Hayati (Biotik)
Unsur hayati dalam lingkungan hidup ini terdiri atas semua makhluk hidup yang
terdapat di bumi, mulai dan tingkat rendah sampai ke tingkat tinggi. Dan bentuk yang paling kecil hingga yang paling besai Sebagai contoh adalah manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. Unsur hayati imlah yang saling berhubugan sehingga membentuk jalinan mulal dan yang sederhana hingga ke yang sangat rumit.

Dalam jaringan makanan, unsur hayati memiliki tingkatan mulai dan produsen sampai dengan konsumen tingkat tinggi sebagaimana yang terurai dalam susunan berikut mi.
  1. Produsen, merupakan organisme autotropik yang dapat mengolah makanannya sendiri melalui tumbuhan berkiorofil (butiran hijau) dengan bantuan sinar matahari dan bahan anorganik. Kelompok produsen mi adalah tumbuhan-tumbuhan.
  2. Konsumen, merupakan organisme yang tidak dapat mengolah makanannya sendiri melainkan tergantung kepada organisme lainnya. Konsumen tingkat pertama adalah organisme pemakan tumbuhan. Kemudian konsumen tingkat selanjutnya sampai dengan tingkat tertinggi adalah organisme yang memangsa organisme lainnya sebagai predator.
  3. Pengurai, adalah organisme yang hidup dengan cara menguraikan bahan organik yang berasal dan jasad organisme mati. Contohnya adalah bakteri dan jamur.
  • Unsur  Budaya
Unsur budaya adalah sistem nilai, gagasan, dan keyakinan yang dimiliki manusia dalam menentukan perilakunya sebagai makhluk sosial (masyarakat). Unsur budaya dikembangkan manusia dalam memenuhi k√®butuhan pokok dan mempermudah hidup. Sebagai contoh, untuk melawan dinginnya udara, maka manusia menciptakan baju untuk melapisi badan dan sumber penghangat lainnya. Unsur budaya dalam lingkungan hidup merupakan factor yang dapat menentukan keseimbangan tantanan lingkungan dimana manusia merupakan pemegang kendali. Lingkungan yang telah mendapat dominasi dan intervensi manusia biasa dikenal dengan lingkungan binaan dan lingkungan budaya  (bentang budaya).
Sumber Pustaka: Yudhistira