Pengertian Mobilitas Penduduk Dan Polanya

Pengertian Mobilitas Penduduk Dan Polanya


Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dan suatu tempat ke tempat lain, misalnya perpindahan penduduk dan desa ke kota, dan satu provinsi ke provinsi lain, dan pulau satu ke pulau lain, dan dan negara satu ke negara lain. Faktor penyebab mobilitas penduduk di antaranya factor ekonomi, politik, sosial budaya, keamanan, agama, dan bencana alam.

Pola Mobilitas Penduduk

Pola mobilitas penduduk secara garis besar adalah sebagai berikut.
  • Mobilitas Penduduk Nonpermanen (Sirkuler)
Mobilitas penduduk nonpermanen adalah perpindahan penduduk dan suatu tempat ke tempat lain yang tidak bertujuan untuk menetap namun hanya bersifat sementara. Perpindahan penduduk yang bersifat sementara disebut mob ilitas sirkuler. Macam-macam mobilitas sirkuler adalah sebagai berikut.



  • Mobilitas Ulang-Alik atau Mobilitas Harian (Commuter)
Mobilitas ini bersifat rutin dan dilakukan setiap han, misalnya penduduk yang tinggal di Bekasi pada pagi han pergi ke Jakarta untuk bekerja dan sore han pulang ke Bekasi.
  • Mobilitas bermusim
Mobilitas bermusim, yaitu perpindahan penduduk yang dilakukan secara bermusim dan bersifat sementara, misalnya para penjual kambing kurban pada musim kurban berdatangan ke kota untuk menjual kambing kurban dan desa. Setelah lewat masa Idul Adha mereka berbondong-bondong kembali ke desa.
  •  Mobilitas Penduduk Permanen (Migrasi)
Migrasi adalah perpindahan penduduk dan suatu tempat ke tempat lain melampaui batas negara atau batas administrasi suatu Negara dengan tujuan menetap.
Sumber Pustaka: Yudhistira