Pengertian Peradaban Dalam Peradaban Kuno Asia-Afrika

Pengertian Peradaban Dalam Peradaban Kuno Asia-Afrika


Pengertian peradaban dalam bahasa asing, yaitu civilization (Inggris), Die Zivilisation (Jerman), dan beschaving (Belanda), jelas berbeda dengan pengertian kebudayaan (culture).

Perbedaan antara kebudayaan dan peradaban

  1. Kebudayaan menceritakan tentang apa yang dilihat, didengar dan dirasakan oleh panca indera.
  2. Peradaban mengemukakan pendapat dan penhlaian terhadap suatu hasil kebudayaan, seperti tinggi, halus, indah, sopan, luhur dan sebagainya. Nilai-nilai peradaban mengandung nhlai-nilai keluhuran budi.
Tiap-tiap kelompok manusia atau masyarakat manapun, baik masyarakat primitif atau maju selalu berkebudayaan. Ada yang masih sangat sederhana, ada pula yang sudah maju atau modern tingkat kebudayaannya.



Penilaian tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa adalah sangat relatif. Kita tentu sering mendengar peradaban Lembah Sungai Shindu dan Sungai Gangga di India, Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris di daerah Mesopotamia, Peradaban Lembah Sungai Kuning di Cina, Peradaban Lembah Sungai Nil di Mesir. Di samping tu, kita mendengar peradaban Yunani-Romawi Kuno di Eropa, dan peradaban Inca, Maya Aztec di Amerika. Dalam kebudayaan bangsa-bangsa tersebut selalu terkandung nilai-nilai luhur atau penghargaan, tinggi, indah, baik, dan agung.
Sumber Pustaka: Erlangga