Pengertian Peta Dalam Geografi

Pengertian Peta Dalam Geografi


Apabila kita perhatikan kelas kita, di dalam kelas terdapat benda-benda yang tersusun rapi. Satu meja dan satu kursi untuk guru berada di depan sebelah kanan atau kiri. Papan tulis dipasang di dinding depan dan mungkin juga terdapat satu lemari.

Meja dan kursi untuk siswa biasanya disusun ke samping dan ke belakang. Pada umumnya di dalam kelas terdapat 24 meja yang disusun 4 buah ke samping dan 6 buah ke belakang. Satu buah meja biasanya dipakai untuk dua siswa sehingga setiap satu meja terdapat 2 kursi. Akan tetapi, ada pula satu meja dan satu kursi untuk setiap siswa. Keadaan kelas tersebut apabila digambar tampak seperti di samping.



Gambar keadaan kelas seperti di samping disebut denah. Denah adalah gambar yang menunjukkan wilayah (tempat) dengan ciri-ciri tertentu tanpa ada perbandingan ukuran.

Peta adalah semacam denah, tetapi biasanya menggambarkan wilayah yang lebih luas di permukaan Bumi, misalnya wilayah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan negara. Jadi, peta adalah gambaran umum (konvensional) dari sebagian atau seluruh permukaan Bumi dari kenampakannya apabila dilihat dan atas yang digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu dan menggunakan simbol-simbol tertentu pula. Ilmu yang mempelajari seni, pengetahuan, dan teknologi tentang pembuatan peta disebut kartografi.
Sumber Pustaka: Yudhistira