Pengertian Proses Demokrasi Dalam Demokrasi Modern

Proses Demokrasi


Dalam tahun-tahun belakangan ini demokrasi telah mengalami kemajuan yang besar di dunia. Banyak negara telah memulai suatu proses demokratisasi seperti di Fropa Timur, Afrika, Amerika Latin, dan di Asia termasuk Indonesia. 

Dengan demikian memunculkan harapan akan dunia yang lebih baik bahwa demokrasi tidak hanya akan meningkatkan kebebasan politik dan hak asasi, tetapi akan membawa kepada pembangunan ekonomi yang lebih cepat. Selanjutnya akan meningkatkan kesejahteraan dan hubungan internasional yang bercirikan kerja sama dunia yang saling menghormati serta saling pengertian.


Bentuk pemerintahan demokrasi telah mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan masyarakat. Menurut paham demokrasi kuno bahwa bentuk pemerintahan yang kekuasaannya terletak pada sekelompok orang yang dianggap penting dalam masyarakat disebabkan oleh pendidikan, kekayaan, dan keturunan, Paham mi telah dilaksanakan pada zaman Yunani kuno. 

Dalam demokrasi modern memiliki ciri khusus mengakui pendapat rakyat dalam suatu pemerintahan. Wakil-wakil rakyat yang duduk dalam parlemen (DPR) dipilih melalui pemilu secara langsung, umum, bebas, dan rahasia. Karena itu paham demokrasi modern sering disebut sebagai demokrasi perwakilan.
Sumber Pustaka: Yudhistira