Pengertian Proses Sosial Dan Contohnya

Pengertian Proses Sosial


Di dalam masyarakat terdapat 2 (dua) segi, yaitu segi statis dengari apsek strukturalnya dan segi dinamis dengan aspek prosesual. Contoh aspek struktural masyarakat antara lain kelompok sosial, kebudayaan, kekuasaan, kelas sosial, dan lain-lain.

Aspek struktural mempunyai derajat dinamika tertentu yang menyebabkan pola perilaku yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh adanya hubungan antarwarga, baik individu maupun hubungan antarkelompok sosial. Dengan adanya hubungan antarkelompok tersebut timbul perubahan dan perkembangan dalam masyarakat itu sendiri. Untuk mencapai bentuk yang konkret sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya yang berlaku dalam masyarakat tersebut diperlukan suatu proses social ini merupakan wujud segi dinamis masyarakat tersebut.



Jadi, proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai bidang kehidupan bersama atau saling mempengaruhi antara bidang kehidupan yang satu dengan bidang kehidupan yang lain. Jenis-jenis bidang kehidupan, misalnya bidang sosial, ekonomi, hukum, politik, dan sebagainya.

Karena dalam proses sosial terjadi saling mempengaruhi antara bidang yang satu dengan lainnya. Saling mempengaruhi tersebut meliputi bidang berikut ini.
  1. Saling mempengaruhi antara bidang sosial dengan bidang ekonomi.
  2. Saling mempengaruhi antara bidang sosial dengan bidang hukum.
  3. Saling mempengaruhi antara bidang ekonomi dengan bidang hukum, dan sebagainya.
Sumber Pustaka: Yudhistira