Pengertian Sejarah Dan Sejarah Lokal Beserta Contohnya

Pengertian Sejarah Dan Sejarah Lokal


Sejarah sebagai suatu ilmu pengetahuan mencatat berbagai peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam lingkup kehidupar manusia. Peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian dalam sejarah itu dapa dikiasifikasikan ke dalam beberapa jenis sejarah. Akibatnya, pembahasar sejarah lebih terfokus pada suatu masalah, walaupun pembahasam-iya itu sulit meninggalkan masalah-masalah yang lainnya.

Sejarah Lokal


Sejarah Lokal mengandung suatu pengertian, bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Peristiwa itu muncul hanyalah untuk daerah yang bersangkutan. Misalnya sejarah lokal tentang Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Bali.


Sejarah lokal tentang suatu daerah memuat masalah awal suatu daerah tersebut seperti asal usul daerah bersangkutan sampai kepada perkembangan daerah itu pada masa berikutnya. Dalam sejarah lokal akan muncul tokoh-tokoh lokal yang memperjuangkan daerahnya dan bahkan hingga kini tokoh tersebut menjadi kebanggaan daerah bersangkutan. Contohnya; Peijuangan Sultan Hasanuddin dan Kerajaan Gowa Makassar. Nama dan jasa peijuangan Sultan Hasanuddin sangat melekat pada masyarakat Sulawesi Selatan. Begitu pula dengan tokoh-tokoh daerah lainnya, tidak akan pernah pudar di hati masyarakatnya. Bahkan masyarakat memiliki kebanggaan terhadap tokoh-tokoh pejuang dan daerahnya.
Sumber Pustaka: Erlangga