Pengertian Sejarah Dunia Dan Contohnya

Pengertian Sejarah Dunia


Sejarah Dunia mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat meliputi berbagai masalah dan beberapa negara. Misalnya, Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Walaupun lokasi atau wilayah peperangan dan Perang Dunia I hanya meliputi kawasan Eropa, tetapi dampaknya dapat dirasakan hampir di seluruh dunia, terutama dalam masalah ekonomi. Perang Dunia I telah menimbulkan kehancuran dalam bidang-ekonomi, sehingga munculnya krisis ekonomi sedunia (Malaisse) tahun 1929.

Di samping itu, Perang Dunia II yang telah menimbulkan trauma dalam kehidupan bangsa-bangsa di dunia. Perang Dunia II telah menelan jutaan manusia yang tidak berdosa, seperti pemboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh pasukan udara Amerika Serikat. Oleh karena itu, setiap perang yang terjadi di dunia baik perang besar maupun perang kecil, mendapat kutukan dan masyarakat dunia. Bahkan setiap manusia di dunia, di manapun ia berada tidak pernah menginginkan terjadinya perang.

Bagan Ilmu Pengetahuan Pendukung Peristiwa Sejarah
  
Sumber Pustaka: Erlangga