Pengertian Sejarah Ekonomi Dan Contohnya

Pengertian Sejarah Ekonomi Dan Contohnya


Ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas adanya upaya manusia untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Manusia tidak ada yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri, sehingga untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya itu mereka membutuhkan bantuan orang lain. Keadaan seperti inilah yang kemudian menimbulkan terjadinya sistem ekonomi dalam masyarakat.

Masyarakat Indonesia mulai mengembangkan sistem ekonominya sejak masa bercocok tanam (zaman prasejarah atau zaman sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha). Sistem perekonomian yang berkembang pada masa itu dii aksanakan dengan sistem barter, yaitu pertukaran barang dengan barang. Kehidupan seperti mi terus berkembang hingga pada kehidupan masyarakat dan masa perundingan.

Sementara itu, dengan kondisi alam Indonesia yang terdiri dan pulau-pulau besar dan kecil yang dihubungan oleh selat dan laut, maka factor pelayaran merupakan suatu hal yang sangat mungkin untuk melaksanakan hubungan ekonomi di antara masyarakat Indonesia. 



Perkembangan perdagangan masyarakat Indonesia semakin bertambah pesat semenjak terjalinnya hubungan perdagangan antara Cina dan Romawi serta India melalui jalur pelayaran perdagangan melewati wilayah perairan Indonesia. Akibatnya, secara langsung maupun tidak langsung bangsa Indonesia ikut ambil bagian dalam perdagangan tersebut. Bahkan perdagangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia, tidak hanya terbatas di lingkungan wilayah Indonesia, melainkan sampai jauh di luar wilayah Indonesia, ke utara sampai di daerah Cina sedangkan ke barat sampai ke wilayah Pulau Madagaskar serta sampai ke Laut Merah.

Melalui hubungan perekonomian dan perdagangan ini, bangsa Indonesia menjalin hubungan dengan dunia luar, sehingga pengaruh-pengaruh kebudayaan luar yang dibawa oleh kalangan pedagang luar itu, mulai masuk ke wilayah Indonesia seperti pengaruh India, Cina, Arab dan lain-lain. Dengan demikian, sejarah ekonomi bangsa Indonesia berkembang dan ingkat ekonomi yang sangat sederhana ke tingkat ekonomi yang lebih luas lagi, bahkan tidak pernah tertinggal dengan masalah-masalah nasional dan internasional.
Sumber Pustaka: Erlangga