Pengertian Sejarah Geografi Dan Contohnya

Pengertian Sejarah Geografi Dan Contohnya


GEOGRAFI merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi ini Pembahasan dalam geografi menyangkut tentang geologi (ilmu tanah), flora (ilmu tumbuh-tumbuhan), fauna (ilmu hewan), dan manusia. Namun, masalah-masalah sejarah memiliki keterkaitannya dengan masalah geografi. Karena sejarah membahas masalah-masalah atau peristiwa-peristiwa yang telah tejadi. Maka untuk menjawab suatu pertanyaan tentang "di mana peristiwa itu terjadi?”, secara langsung maupun tidak langsung para ahli mengkaitkan peristiwa itu dengan tempat atau lokasi kejadiannya. Untuk menentukan tempat kejadiannya itu, maka ilmu pengetahuan tentang geografi tidak dapat ditinggalkan, karena para ahli akan mempertanyakan tentang mengapa di tempat tersebut teijadi suatu peristiwa sejarah?”

Namun di pihak lain, pengetahuan tentang geografi sangat penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Bahkan, ketika pemerintah kolonial. Belanda melakukan pembulatan terhadap daerah jajahannya di Indonesia, Belanda melakukan berbagai bentuk serangan dan pendudukan terhadap daerah-daerah yang belum dikuasainya. Misalnya pendudukan terhadap daerah Aceh yang menimbulkan terjadinya Perang Aceh. Perang ini merupakan perang terlama yang dialami oleh pihak Belanda di wilayah Indonesia. Bahkan pada awal peperangan, pasukan Belanda mengalami kekalahan. Hal ini disebabkan karena keadaan geografis Aceh yang belum dikuasai oleh pasukan Belanda. Mereka belum dapat mengenal dengan baik medan pertempuran yang akhirnya pasukannya dikalahkan oleh serangan mendadak yang dilakukan oleh pejuang Aceh.

Oleh karena itu, perkembangan sejarah tidak akan pernah dapat dipisahkan dan keadaan geografis dan suatu wilayah. Alasannya, sejarah justru membahas berbagai peristiwa atau kejadian-kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu wilayah. Misalnya, dalam menentukan tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah.



Ilmu geografi sangat penting dalam pengkajian sejarah. Setiap peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan letak geografis suatu tempat. Oleh karena itu, ilmu geografi sangat membantu dalam pengkajian sejarah terutama dalam penentuan tempat peristiwa sejarah. Tampak sebuah atlas kuno yang menggambarkan wilayah Asia Tenggara.
Sumber Pustaka: Erlangga