Pengertian Sejarah Nasional Dan Contohnya

Pengertian Sejarah Nasional


Sejarah Nasional mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dan sejarah lokal. Sejarah Nasional meliputi suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu negara dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsanya dalam berbagai sektor seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya. Misalnya, Peristiwa C 30 S/PKI.


Peristiwa mi sangat besar dampaknya terhadap perkembangan politik nasional Indonesia. Bahkan peristiwa itu telah menimbulkan trauma pada bangsa Itidonesia, sehingga melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga tertinggi negara, yaitu MPRS, sepakat membentuk ketetapan (Tap) MPRS tentang pelarangan perkembangan paham komunis di wilayah Indonesia, atau menetapkan bahwa PKI dijadikan sebagai partai terlarang berdiri dan berkembang di wilayah Indonesia.

Terdapat banyak peristiwa sejarah yang meliputi tingkat nasional Indonesia, seperti peristiwa Dekrit Presiden 5 Juli 1959, krisis moneter dan kepercayaan yang menyebabkan berakhirnya kekuasaan Orde Baru. Banyak lagi peristiwa lain yang meliputi tingkat nasional juga dialami oleh Negara-negara lainnya, seperti Sejarah Nasional Cina dengan munculnya Gerakan Nasionalisme Cina di bawah pimpinan Dr. Sun Yat Sen, Sejarah Nasional Filipina dengan munculriya gerakan Nasionalisme Filipina di bawah pimpinan Dr. Jose Rizal.
Sumber Pustaka: Erlangga