Pengertian Sistem Politik Demokrasi Secara Struktural

Sistem Politik Demokrasi Secara Struktural


Secara struktural sistem politik demokrasi secara ideal adalah sistem politik yang memelihara keseimbangan antara konflik dan konsensus. Maksudnya, demokrasi memungkinkan perbedaan pendapat, persaingan, dari pertentangan antara individu dengan individu, individu dengan pemerintah, atau individu dengan kelompok.

Demokrasi hanya akan mentolelir konflik yang tidak menghancurkan sistem. Sistem demokrasi menyediakan mekanisme dan prosedur yang mengatur konflik. Selain itu system demokrasi pun meyalurkan konflik serta penyelesaiannya dalam bentuk konsensus. Selanjutnya prinsip mi yang mendasari pembentukan identitas bersama, hubungan kekuasaan, legitimasi, kewenangan, dan hubungan politik ekonomi.



Berdasarkan uraian di atas, bahwa dalam kehidupan bernegara terdapat berbagai macam sistem politik yang dianut oleh berbagai bangsa di dunia. Selanjutnya tidak satu pun system politik yang bisa berlaku secara universal, karena pelaksanaan suatu sistem politik suatu bangsa atau negara harus dapat disesuaikan dengan kepribadian, pandangan hidup, dan latar belakang sejarah bangsa itu sendiri, Bangsa Indonesia terdiri dan aneka ragam suku, ras, golongan, agama, adat istiadat, budaya, dan bahasa daerah yang berbeda. Bangsa Indonesia pun bagian dan bangsa-bangsa di dunia. 

Semuanya itu saling membutuhkan dan memerlukan kerja sama yang saling menguntungkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik dalam hubungan kerja sama secara nasional, regional, maupun internasional. Oleh karena itu kita harus dapat menerima perbedaan-perbedaan tersebut dengan berpedoman pada Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan kepribadian bangsa Indonesia.
Sumber Pustaka: yudhistira