Loading...

Pengertian Sistem Politik Totaliter

Loading...

Pengertian Sistem Politik Totaliter


Sistem politik ini menekankan pada konsensus total dalam masyarakat baik konflik dengan musuhnya di dalam maupun di luar negeri. Untuk konsensus total tidak hanya dengan iriduktrinasi ideologi saja, tetapi juga dengan menggunakan cara-cara paksaan. Sistem politik totaliter ini dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu sistem politik komunis dan sistem politik fasis. Kedua-duanya menghendaki ha-hal berikut.


  1. Keduanya menghendaki pengaturan masyarakat secara menyeluruh atas dasar tertentu, dengan kelompok kecil penguasa yang monopoli kekuasan.
  2. Keduanya juga merupakan sistem mobilisasi massa dalam rangka membentuk manusia dan masyarakat baru dalam melaksariakan kebijaksanaan yang ditetapkan penguasa.
  3. Keduanya juga menempatkan individu di bawah kehendak dan partai tunggal yang mengatasnamakan bangsa dan negara.
Sistem politik totaliter ini dianut antara lain oleh Jerman ketika pada zaman Hitler, Italia pada jaman Mussolini, Jepang sebelum perang dunia ke II, RRC, Vietnam, Korea Utara, Kuba, dan negara-negara Eropa Timur sebelum jatuhnya komunis dunia. Sistem politik ini dianut oleh negara-negara fasis dan negara-negara komunis.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...