Pengertian Sosialisasi Politik Secara Umum

Pengertian Sosialisasi Politik Secara Umum


Sosialisasi politik merupakan salah satu dan fungsi-fungsi input sistem politik yang berIaku di negara mana pun baik yang menganut sistem politik demokratis, otoriter, diktator, maupun sistem politik lainnya. Sosialisasi politik merupakan proses pembentukan sikap dan orientasi politik pada anggota masyarakat.

Terlaksananya sosialisasi politik sangat ditentukan oleh lingkungan sosial, ekonomi, dan kebudayaan di mana seseorang/individu berada. Selain itu, juga ditentukan oleh interaksi pengalaman serta kepribadian seseorang. Sosialisasi politik merupakan proses yang berlangsung lama dan rumit yang dihasilkan dan usaha saling mempengaruhi di antara kepribadian individu dengan pengalaman-pengalaman politik yang relevan yang member bentuk terhadap tingkah laku politiknya. Pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap-sikap yang diperoleh seseorang itu membentuk satu layar persepsi, melalui mana individu menerima rangsangan-rangsangan politik. Tingkah laku politik seseorang berkembang secara berangsur-anggsur.



Jadi, sosialisasi politik adalah proses dengan mana individu-individu dapat memperoleh pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap-sikap terhadap sistem politik masyarakatnya. Peristiwa ini tidak menjamin bahwa masyarakat mengesahkan system politiknya, sekalipun hal mi mungkin bisa terjadi. Sebab hal ini bisa saja menyebahkan pengingkaran terhadap legitimasi. Akan tetapi, apakah akan menuju kepada stagnasi atau perubahan, tergantung pada keadaan yang menyebabkan pengingkaran tersebut.

Apabila tidak ada legitimasi yang disertai dengan sikap hermusuhan yang aktif terhadap sistem politiknya, maka perubahan mungkin terjadi. Akan tetapi, apabila legitimasi itu diharengi dengan sikap apatis terhadap sistem politiknya, bukan tak mungkin yang dihasilkan adalah stagnasi.
Sumber Pustaka: Erlangga