Peninggalan Budaya Pada Peradaban Yunani Kuno (Sparta Dan Athena)

Peninggalan Budaya Pada Peradaban Yunani Kuno (Sparta Dan Athena)

  • Seni bangunan dan seni pahat
Pada umumnya karya seni bargunan dan seni pahat diciptakan sebagai tanda pengabdian terhadap dewa-dewa. Pada zaman itu, banyak kuil-kuil yang dibangun, namun kini bekas-bekasnya sedikit sekali dijumpai, antara lain Kuil Parthenon, Kuil Erechtheum yang dibangun di bukit Acropolis pada zaman Pericles. Juga dibuat arca-arca yang indah baik arca para dewa, maupun para tokoh terkenal.
  • Seni Sastra
Hasil kesusastraan pada umumnya ditulis untuk memuliakan para pahlawan yang telah gugur. Penulis bangsa Yunani yang paling terkenal ialah Homrus. Hasil karyanya yang dianggap baik dalam kesusastraan dunia adalah Kitab Illyas dan Odyssea. Pada zaman itu terdapat juga penulis sejarah terkenal, yaitu Herodotus dan Thucydiades. Herodotus kemudian dianggap sebagai Bapak Sejarah.


  • Filsafat
Orang Yunani telah pandai menyusun, menciptakan ilmu filsafat yang meliputi berbagai bidang. Antara lain ilmu pikir (logica), ilmu alam (physica), ilmu kesusilaan (ethica) dan ilmu negara (politica). Ilmu filsafat masyarakat Yunani bermutu tinggi. Maka hingga sekarang ilmu-ilmu filsafat Yunani masih relevan diajarkan di perguruan tinggi di dunia.
  • Ilmu pengetahuan
Bangsa Yunani merupakan peletak dasar ilmu pengetahuan. Pada mulanya ilmu itu semata-mata hanya menjadi bagian dan filsafat. Kemudian, ilmu pengetahuan berkembang sendiri sebagai usaha para ahli filsafat untuk menjawab rahasia keberadaan alam semesta dengan segala isinya. Kemajuan bangsa Yunani dalam bidang ilmu pengetahuan dapat dilihat dan contoh-contoh berikut ini.
  • Bangsa Yunani sudah tahu bahwa bumi mi bilat dan berputar sekeliling porosnya.
  • Pythagoras menemukan dalam sebuah segitiga siku-siku, kedua jumlah kwadrat sisi siku-sikunya sama dengan kwadrat sisi miringnya.
  • Hipokrates dapat dianggap sebagai pelopor ilmu kedokteran. Dalam buku-bukunya seperti Aphorismen dan Pro gnose telah disebutkan mengenai sebab-sebab timbulnya penyakit dan cara-cara mengobatinya. Salah satu warisan yang besar dan Hipokrates ialah sumpah yang diucapkan sebagai dokter. Sumpah itu menjadi dasar pegangan (code) bagi para ahli kesehatan sampai sekarang.
Sumber Pustaka: Erlangga