Pentingnya Bekerja Keras Untuk Mencapai Cita-Cita

Pentingnya Bekerja Keras Untuk Mencapai Cita-Cita


Bekerja adalah berbuat untuk menghasilkan sesuatu. Hasil kerja keras tersebut diharapkan berguna bagi diri kita dan orang lain. Kemerdekaan bangsa dan negara yang kita nikmati sekarang mi merupakan hasilm usaha kerja keras dan pengorbanan para pejuang bangsa. Oleh karena itu, sekarang kita berkewajiban bekerja keras untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala hiding kehidupan. Pembangunan adalah usaha secara sadar yang perlu dilakukan untuk mengubah nasib. Nasib kita akan tetap buruk dan serba kekurangan jika kita tidak sadar dan segera bertindak untuk melaksanakan pembangunan.

Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.



Tujuan nasional bangsa Indonesia dituangkan dalam UUD 1945, Alinea Keempat yang berisi sebagai berikut:
  1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia:
  2. memajukan kesejahteraan timur:
  3. mencerciaskan kehidupan bangsa:
  4. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan keinerdekaan, perdamaian ahadi, dan keadilan sosial.
Hal itu mengisyaratkan bahwa setiap warga negara Indonesia harus berperan serta dalam menyukseskan pembangunan dengan bekerja keras menurut bidang dan, kemampuannya untuk mencapai cita-cita.

Pengertian dan Tata Cara Bekerja Keras untuk Mencapai Cita-Cita

Bekerja berarti suatu usaha yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh hasil dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Bekerja keras berarti mendayagunakan seluruh tenaga dan pikirannya untuk mencapai hasil yang diharapkan atau dicita-citakan. Adapun ciri-ciri orang yang bekerja keras, antara lain
  1. memiliki ketabahan, tekun, dan pantang menyerah;
  2. bekerja secara sungguh-sungguh;
  3. memiliki semangat untuk maju atau mengubah nasib;
  4. tidak mudah putus asa;
  5. melaksanakan tugas atau kewajiban sebaik-baiknya;
  6. memiliki inisiatif (usaha atau tindakan yang mula-mula) dan kreatif (memiliki daya cipta atau kemampuan untuk mencipt).

Berbagai Pola Hidup Sederhana dan Bekerja Keras

Dalam masa pembangunan mi, kita sebagai pelajar harus rajin belajar agar nantinya menjadi manusia pembangunan yang mampu berperan serta dalam membangun negara dan bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila 1an UUD 1945. Dengan rajin belajar dan bekerja keras berarti kita secara tidak langsung sudah berbakti kepada kedua orang tua dan berperan serta dalam mengisi pembangunan nasional.

Di samping rajin belajar dan bekerja keras, kita harus membiasakan pula bersikap hidup sederhana. Bersikap hidup sederhana berarti sikap hidup seadanya, bersahaja, tidak boros, tidak menjangkau apa yang di luar kemampuannya, serta mampu menyesuaikan din dengan keadaan sekitarnya. Hidup sederhana dapat juga diartikan hidup cermat, hemat, tepat, dan berasaskan manfaat. Cermat berarti kita harus teliti memikirkan semua kebutuhan hidup. Hemat berarti kita harus berhati-hati dalam menggunakan harta benda agar ada manfaatnya dalam mencapai tujuan hidup.

Ciri-ciri dan pola hidup sederhana adalah sebagai beri kut:
  1. sikap dan tutur kata selalu wajar, bersahaja, dan tidak berlebihan;
  2. terpenuhinya kebutuhan secara wajar, tidak berlebihan, tidak boros, dan tidak memamerkan kekayaan;
  3. tidak bersikap tinggi hati dan tidak rneremehkan orang lain;
  4. menghargai dan tidak membeda-bedakan orang lain;
  5. merniliki kesetiakawanan yang tinggi;
  6. bersikap hernat. cermat, dan tepa salira yang tinggi.
Pola hidup sederhana dan bekerja keras dapat diwujudkan dalam kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, dan bernegara.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai