Pentingnya Keterbukaan Dan Jaminan Keadilan Untuk Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Pentingnya Keterbukaan Dan Jaminan Keadilan Untuk Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa



Negara wajib untuk menciptakan kondisi masyarakat agar mampu berpartisipasi serta bertanggung jawab terhadap kemajuan dan berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keterbukaan (transparan) bertolak dan kejujuran dalam melaksanakan hak dan kewajiban baik sebagai warga negara ataupun sebagai pejabat negara. Yang kita sayangkan adalah. bahwa nilai-nilai persatuan yang dirintis oleh para pemuda dan para pahlawan pejuang bangsa yang terkandung dalam sumpah pemuda, kurang dikaji dan dipahami dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh bangsa dan oleh setiap warga negara.



Sebagai akibat yang lebih jauh, timbul berbagai benih perpecahan dan sikap serta tindakan yang mengarah pada keinginan beberapa daerah negara kesatuan Indonesia untuk melepaskan din dan NKRI. Kebersihan hati dan kejernihan pikiran dalam melaksanakan hak dan kewajiban da1an kehidupan sehari-hari, terutama pemimpin bangsa ini, bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang dicita-citakan; yaitu masyarakat madani.

Misalnya, korupsi, kolusi, dan nepotisme dapat merusak kesejahteraan kehidupan bangsa yang menjadi tujuan didirikannya Negara kesatuan Republik Indonesia yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Menghapuskan keadilan sosial akan melahirkan ketimpangan. Kurang transparannya pelaksanaan hak dan kewajiban para pimpinan masyarakat, bangsa, dan negara adalah penyebab utama hancurnya Negara.
Sumber Pustaka: Yudhistira