Penyajian Informasi Cuaca Melalui Berbagai Media

Penyajian Informasi Cuaca Melalui Berbagai Media


Informasi cuaca pada era globalisasi saat mi didapat dengan cara yang modern. Berbagai informasi cuaca bisa diperoleh dengan menggunakan media elektronika dan peta. Berbagai media untuk memperoleh informasi cuaca tersebut yaitu berikut ini.

Dengan Menggunakan Sistem Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh (remote sensing) adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena dengan jalan analisis data yang diperoleh melalui alat perekam (sensor) yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya tanpa menyentuh objek tersebut (Lillesand dan Kiefer, 1979).



Data penginderaan jauh dibedakan menurut cara memperolehnya yaitu berdasarkan tenaga dan wahananya. Berdasarkan tenaga yang digunakan, data penginderaan jauh yang diperoleh berasal dan tenaga pantulan yang bersifat pasif dan tenaga pancaran yang bersifat aktif. Berdasarkan wahana yang digunakan, data penginderaan jauh yang diperoleh berasal dan wahana angkasa seperti dan pesawat dan dan wahana antariksa seperti dan satelit.
  • Data Penginderaan Jauh dan Wahana Angkasa
Data penginderaan jauh dan wahana angkasa diperoleh dengan menggunakan pesawat yang telah dilengkapi sensor seperti kamera. Proses pengambilan data dengan wahana angkasa biasanya dilakukan pada siang hari.
  • Data Penginderaan Jauh dan Wahana Antariksa
Data penginderaan jauh dari wahana antariksa diperoleh dari satelit yang telah dilengkapi sensor seperti kamera, scanner, gravimeter, radiometer dan lain-lain. Proses pengambilan data dengan wahana antariksa bias dilakukan pada siang dan malam hari.

Secara umum, data mengenai cuaca dan system penginderaan jauh dapat diperoleh melalui berbagai rangkaian proses pengambilan data yaitu berikut ini.

  1. Gelombang elektromagnetik dipancarkan melalui radiasi ke objek dan dipantulkan kembali oleh objek melalui perantara atmosfer Bumi. Daya pantul objek, suhu objek, dan daya pancar merupakan karakteristik spektral objek. 
  2. Pantulan dan pancaran gelombang elektromagnetik diterima oleh berbagai sensor yang ada di wahana angkasa maupun wahana antaniksa.
  3. Berbagai data yang diperoleh dan sensor lalu diolah sehingga menghasilkan data visual dan data digital. Data visual terdiri dan data citra dan data non citra. Data digital terdiri dari data angka dan nilai gelombang elektromagnetik dan objek yang siap diolah di komputer.
  4. Berbagai data penginderaan jauh yang d.ihasilkan kemudian dipakai dan diolah aneka pengguna data untuk berbagai kepentingan.
Dalam bidang meteorologi, data penginderaan jauh sangat berguna yaitu untuk berbagai hal seperti berikut ini.
  1. Untuk pengamatan iklim suatu daerah melalui pengamatan awan dan kandungan air dalam udara.
  2. Untuk membantu dalam berbagai analisa cuaca.
  3. Untuk mengamati pola angin permukaan.
  4. Untuk permodelan ilmu meteorologi dan klimatologi.

Dengan Menggunakan Peta

Peta merupakan sarana untuk mengintepretasikan berbagai informasi di mana salah satunya adalah informasi cuaca. Peta yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi cuaca misalnya Peta Cuaca dan Iklim, Peta Pergerakan Angin, Peta Pergerakan Awan dan Badai, dan peta-peta cuaca lainnya. Dan berbagai macam peta tersebut dapat kita peroleh berbagai informasi cuaca di suatu tempat dan tempat-tempat lain.
Sumber Pustaka: Yudhistira